Remaja memiliki segudang permasalahan mentalnya sendiri, seperti yang dialami oleh beberapa siswa di SMPN 02 Belitang Mulya. Mulai dari tidak adanya minat belajar, kurang fokus, sering membuat kegaduhan, dan membolos. Ini menjadi pusat perhatian bagi Kepala Sekolah dan Guru Agama Hindu agar menciptakan pembelajaran yang berkesadaran dan mendalam. Maka dari itu, tercetuslah kegiatan yoga asana yang dilaksanakan setiap hari jumat secara berkala. Ternyata, kegiatan tersebut membawa dampak positif tidak hanya bagi siswa tetapi juga bagi guru mata pelajaran lainnya. Dilihat dari fisik yang semakin bugar, mental yang semakin sehat, dan adanya perubahan karakter lebih disiplin. Hal inilah kemudian menjadi daya tarik bagi peneliti untuk mengkaji lebih mendalam mindful learning yang diimplementasikan dalam kegiatan yoga asana di SMPN 02 Belitang Mulya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang ditungjang dengan data observasi, hasil wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi. Kata Kunci: Implementasi Mindful, Learning, Yoga Asanas
Copyrights © 2025