Widyanatya: Jurnal Pendidikan Agama dan Seni
Vol. 7 No. 2 (2025): Widyanatya: Pendidikan Agama dan Seni

IMPLEMENTASI MINDFUL LEARNING DALAM KEGIATAN YOGA ASANA DI SMPN 02 BELITANG MULYA

Kade Marini, Agung Ayu (Unknown)
Artawan, I Nengah (Unknown)
Putu Sari, Ida Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2025

Abstract

Remaja memiliki segudang permasalahan mentalnya sendiri, seperti yang dialami oleh beberapa siswa di SMPN 02 Belitang Mulya. Mulai dari tidak adanya minat belajar, kurang fokus, sering membuat kegaduhan, dan membolos. Ini menjadi pusat perhatian bagi Kepala Sekolah dan Guru Agama Hindu agar menciptakan pembelajaran yang berkesadaran dan mendalam. Maka dari itu, tercetuslah kegiatan yoga asana yang dilaksanakan setiap hari jumat secara berkala. Ternyata, kegiatan tersebut membawa dampak positif tidak hanya bagi siswa tetapi juga bagi guru mata pelajaran lainnya. Dilihat dari fisik yang semakin bugar, mental yang semakin sehat, dan adanya perubahan karakter lebih disiplin. Hal inilah kemudian menjadi daya tarik bagi peneliti untuk mengkaji lebih mendalam mindful learning yang diimplementasikan dalam kegiatan yoga asana di SMPN 02 Belitang Mulya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang ditungjang dengan data observasi, hasil wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi. Kata Kunci: Implementasi Mindful, Learning, Yoga Asanas

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

widyanatya

Publisher

Subject

Religion Arts Education

Description

Journal Widyanatya is an open access published by Education Society of Universitas Hindu Indonesia. The main objective of Widyanatya is to provide a platform for the regional, national, and international scholars, academicians and researchers to share the contemporary thoughts in the fields of ...