INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika
Vol 4, No 2 (2025): Oktober 2025

IMPLEMENTASI MEDIA INTERAKTIF CANVA UNTUK PERSONALISASI PEMBELAJARAN INFORMATIKA SMA PADA MATERI TIK

Hasanah, Uswatun (Unknown)
Rahmawan, Ardi (Unknown)
Yamin, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman konsep TIK siswa setelah penerapan Canva. Nilai rata-rata meningkat dari 61,2 (pretest) menjadi 82,8 (posttest), dengan N-Gain = 0,55 (kategori sedang–tinggi) dan hasil t-test = 9,24; p 0,001. Persepsi siswa terhadap Canva sangat positif, dengan skor rata-rata 4,36/5, terutama pada dimensi kemudahan penggunaan (4,52) dan interaktivitas (4,41). Observasi kelas menunjukkan tingkat partisipasi aktif sebesar 84%, serta peningkatan kreativitas dan kemandirian belajar siswa. Tantangan yang ditemukan meliputi keterbatasan infrastruktur digital, kompetensi guru dalam desain media, serta waktu pengerjaan proyek yang lebih lama. Secara keseluruhan, Canva terbukti efektif sebagai media pembelajaran interaktif yang mendukung personalisasi belajar, meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman konsep TIK siswa. Hasil ini memperkuat teori dual coding (Paivio, 2014) dan self-determination (Deci Ryan, 2000) yang menekankan pentingnya keterlibatan visual dan otonomi siswa dalam pembelajaran digital. Penelitian ini diharapkan berkontribusi dalam memperkaya literatur media interaktif berbasis desain digital dan menjadi model praktis dalam penerapan pembelajaran TIK adaptif di SMA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Info

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

INFONTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan April dan Oktober (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian ...