Pembelajaran aqidah berbasis Artificial Intelegence (AI) sedang digalakkan disekolah, akibat dari diterapkannya kurikulum merdeka. Guru dituntut untuk mampu memberikan pembelajaran dengan pendekatan tekhnologi digital. Pembelajaran aqidah adalah materi pelajaran yang sangat penting diberikan kepada siswa disetiap jenjang pendidikan, maka perlu diterapkan pembelajaran berbasis AI agar lebih menarik dan mudah difahami siswa . Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pembelajaran aqidah berbasis AI di SMAN 5 Padangsidempuan dan hubungannya dengan peningkatan minat belajar siswa dalam mempelajari materi aqidah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Analisis data dilakukan melalui cara deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara langsung. Temuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana guru menerapkan pembelajaran aqidah berbasis AI di SMAN 5 Padangsidempuan. Dari penelitian ini ditemukan bahwa pembelajaran aqidah berbasis AI yang dilakukan guru PAI menambah minat siswa dalam mempelajari materi aqidah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada kecendrungan siswa lebih berminat belajar aqidah dengan pendekatan tekhnologi kecerdasan buatan atau sering disebut dengan AI. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi bagi dunia pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam karena belum banyak yang menerapkan pembelajaran aqidah berbasis AI sementara kurikulum merdeka banyak menuntut penguasaan teknologi digital. Â
Copyrights © 2025