Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dalam membentuk karakter siswa, khususnya karakter religius, di SMP Al-Qodiriyah Srono Banyuwangi pada tahun ajaran 2025/2026. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya peran guru sebagai agen pembentuk moral dan spiritual siswa melalui keteladanan, pembimbingan, dan pembiasaan nilai-nilai Islami dalam keseharian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru PAI, kepala sekolah, dan siswa SMP Al- Qodiriyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memainkan peran penting sebagai pendidik, teladan, motivator, dan pembimbing dalam membentuk karakter religius siswa melalui kegiatan seperti shalat berjamaah, tadarus, doa bersama, serta pembinaan nilai-nilai akhlak dalam interaksi sosial. Meskipun demikian, terdapat beberapa faktor penghambat seperti keterbatasan waktu, perbedaan latar belakang siswa, serta pengaruh lingkungan luar sekolah. Di sisi lain, dukungan lingkungan sekolah yang religius, program keagamaan yang terstruktur, dan keteladanan guru menjadi faktor pendukung yang signifikan.Penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam perlu diintegrasikan secara konsisten dalam proses pembelajaran dan kehidupan sekolah untuk membentuk generasi yang berakhlak mulia.
Copyrights © 2025