Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan peran interaksi sosial peserta didik dalam kegiatan mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur’an Amanatul Um’mah di SMA GUPPI Salawati Kabupaten Sorong dalam membentuk karakter yang berakhlakul karimah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode etnografi melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial di Taman Pendidikan Al-Qur’an Amanatul Um’mah terbentuk dalam tiga aspek utama, yaitu interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, serta peserta didik dengan lingkungan Taman Pendidikan Al-Qur’an. Interaksi tersebut berkontribusi dalam menumbuhkan nilai-nilai religius, disiplin, tanggung jawab, dan empati sosial. Selain itu, kegiatan mengaji juga menjadi sarana pembinaan karakter melalui keteladanan guru dan kebiasaan religius yang dilakukan bersama. Dengan demikian, Taman Pendidikan Al-Qur’an Amanatul Um’mah berperan penting tidak hanya sebagai lembaga pembelajaran Al-Qur’an, tetapi juga sebagai pusat pembinaan sosial dan moral peserta didik.
Copyrights © 2025