Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an dan Iqra sesuai dengan kaidah tajwid melalui pelaksanaan kagiatan program mengaji di MIS Al-Jihad Kota Palangka Raya. Program ini dirancang untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan di kelas IV C, yaitu rendahnya kemampuan peserta didik dalam melafalkan bacaan panjang dan pendek serta kurangnya pemahaman terhadap hukum tajwid. Metode pelaksanaan dilakukan melalui kegiatan pembelajaran langsung, di mana peserta didik diminta membaca Al-Qur’an dan Iqra, kemudian tenaga pengajar menyimak, membimbing, serta memperbaiki kesalahan bacaan yang muncul. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap hari dari hari senin sampai dengan hari selasa setelah pembelajaran dan sholat dzuhur berjamaah dengan tenaga pengajar sebagai pembimbing. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an secara fasih dan benar sesuai dengan tajwid. Kesimpulannya, program mengaji ini efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an sekaligus menanamkan nilai-nilai religius dan semangat cinta Al-Qur’an pada peserta didik.
Copyrights © 2025