Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial
Vol. 4 No. 3 (2025): Oktober

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Berbantuan Media Papan Sumber Daya Alam (PASDA) Di Kelas V

Hasugian, Cindy (Unknown)
Saragih, Mandra (Unknown)
Fatma, Siti Roliah Sari (Unknown)
Amri, Yusni Khairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2025

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tentang sumber daya alam melalui penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan media PASDA (Papan Sumber Daya Alam) di kelas V SDN 060857. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam tiga siklus: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Siswa kelas V SDN 060857 merupakan subyek dalam penelitian sebanyak 13 siswa, terdiri dari 8 laki-laki dan 5 perempuan, data diperoleh melalui tes, dan pengamatan. Berbagai hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan pendekatan CRT berbantuan media PASDA membuat hasil belajar siswa akan meningkat secara bertahap. Nilai KKM pada yang ditetapkan adalah 75. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 58,46%. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 72,3%, tapi siswa belum mencapai nilai KKM. Namun, setelah dilakukan perbaikan pada siklus III, nilai rata-rata memperoleh kenaikan cukup signifikan menjadi 88,46%, sehingga banyak didapati siswa yang mencapai bahkan melebihi KKM. Aktivitas siswa untuk memahami materi sumber daya alam juga lebih aktif. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Culturally Responsive Teaching berbantuan media PASDA efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipsi

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

he focus of this JIPSI journal is based on the results of educational research that contributes to the understanding, improvement, development of scientific theories and concepts and their application to education in Indonesia. The scope of education includes educational administration, guidance, ...