Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa kelas XI SMA METHODIST 7 MEDAN sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran think pair share, serta mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap persepsi siswa kelas XI mengenai konsep demokrasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu metode penelitian yang melibatkan pengujian hubungan antar variable yang diukur dengan instrument penelitian sehingga data numerik dapat dianalisis berdasarkan prosedur-prosedur statistik. Berdasarkan data hasil penelitian dan Analisa data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan pengaruh persepsi siswa tentang demokrasi dan dapat dibuktikaan dengan hasil dari deskriptif data pre-test (sebelum) dan post-test (sesudah) diberikan perlakuan diperoleh rata-rata 79,87 dan 90,28. Hasil dari uji normalitas Nilai sig pada pre-test adalah 0,231 > nilai sig 0,05 (5%) artinya H0 diterima dan nilai sig pada post-test adalah 0,006 > nilai sig 0,05 (5%) artinya H0 diterima maka dapat disimpulkan data pre-test berdistribusi normal dan data post-test berdistribusi normal. Berdasarkan uji hipotesis komparatif output pairad sampel test diatas diperoleh nilai sig 0,000 > nilai sig 0,05 (5%) yang artinya H1 Diterima dan H0 Ditolak. sehingga dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa terdapat pengaruh persepsi siswa sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran think pair share.
Copyrights © 2025