Al-Ikhtibar : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 12 No 2 (2025): Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan

Perspektif Islam dan Barat dalam Memandang Ilmu Humaniora dan Keagamaan

Oktapiani, Rahma Amelia (Unknown)
Haifina Nuzha Nairiza Hamdie (Unknown)
Febriana Eka (Unknown)
Salsabila Syukri (Unknown)
Armai Arief (Unknown)
Nana Meily (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji perbedaan perspektif antara Islam dan Barat dalam memandang ilmu humaniora dan keagamaan yang menjadi tantangan sekaligus peluang dalam merespons kompleksitas masyarakat global saat ini. Dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), studi ini menelaah 10 artikel terpilih dari 200 literatur awal yang disaring melalui tahapan identifikasi, screening, inklusi, hingga peninjauan penuh. Hasil kajian menunjukkan bahwa perspektif Barat yang cenderung rasional, empiris, dan sekuler, dapat bersanding dan dikombinasikan dengan pendekatan Islam yang berbasis nilai spiritual, etika, dan wahyu. Penelitian ini mengungkapkan pentingnya integrasi pendekatan interdisipliner dan transdisipliner untuk membangun dialog antarbudaya dan keagamaan yang harmonis, serta menegaskan peran ilmu humaniora dan agama sebagai penghubung etis dalam membentuk kohesi sosial di tengah tantangan globalisasi dan teknologi. Studi ini menawarkan kontribusi praktis terhadap pengembangan pendidikan dan kebijakan sosial berbasis nilai-nilai moderasi dan keberagaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ikhtibar

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal ini adalah jurnal Jurusan Pendidikan Agama Islam yang merupakan ekspektasi dari artikel yang konsen pada problematika dan fenomena dunia pendidikan islam, keagamaan dan kebudayan. Artikel ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian, studi kasus, atau kajian teoritis yang berkaitan ...