Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Efektivitas Aromaterapi Untuk Menurunkan Nyeri Pasien Pasca Pembedahan: A Systematic Review

Suci Dewi Utami (Unknown)
Nendra Bagus Pamungkas (Unknown)
Anih Kurnia (Unknown)
Ade Asrianti (Unknown)
Sendy Pratama (Unknown)
Dhea Natashia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2025

Abstract

Latar Belakang: Nyeri pasca pembedahan adalah salah satu masalah utama yang dapat memperpanjang perawatan pasien dan meningkatkan biaya. Aromaterapi telah diidentifikasi sebagai intervensi non-farmakologi potensial untuk mengurangi nyeri dengan efek samping minimal. Namun, efektivitasnya masih memerlukan evaluasi lebih lanjut melalui tinjauan sistematis. Tujuan: Mengevaluasi efektivitas aromaterapi dalam menurunkan nyeri pasien pasca pembedahan, mengidentifikasi metode aplikasi yang paling efektif, serta memahami mekanisme kerjanya. Metode: Systematic review dilakukan dengan pendekatan PRISMA, menggunakan basis data PubMed, ProQuest, dan Cochrane. Artikel terpilih adalah Randomized Controlled Trials (RCT) yang diterbitkan dalam rentang 2015-2025. Kualitas artikel dinilai menggunakan JBI dan risiko bias menggunakan RoB 2. Hasil: Sebanyak enam artikel dengan total 414 pasien dianalisis. Metode yang paling efektif adalah kombinasi minyak esensial lavender, ylang-ylang, marjoram, dan neroli yang dihirup selama dua hari pasca pembedahan. Aromaterapi ini terbukti menurunkan intensitas nyeri secara signifikan dengan mekanisme kerja melalui sistem limbik yang mengatur emosi dan persepsi nyeri. Kesimpulan: Aromaterapi efektif sebagai intervensi non-farmakologi dalam menurunkan nyeri pasca pembedahan, terutama bila menggunakan kombinasi minyak esensial tertentu. Intervensi ini dapat mengurangi kebutuhan analgesik tambahan dan meningkatkan kenyamanan pasien

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...