Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Analisis Literasi Digital Dan Literasi Numerasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Era Kurikulum Merdeka

Masruroh, Mayya Kholidah (Unknown)
Kasiyun, Suharmono (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2025

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di era digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk pada tingkat sekolah dasar. Proses pembelajaran yang sebelumnya bersifat konvensional kini bergeser menuju pembelajaran berbasis teknologi yang menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan adaptif. Dalam konteks tersebut, literasi digital dan literasi numerasi menjadi kompetensi penting yang harus dikuasai siswa untuk menghadapi tantangan pembelajaran di era Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital dan literasi numerasi terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur melalui penelaahan berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku, dan dokumen kebijakan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital berperan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mengelola informasi serta memanfaatkan teknologi secara produktif, sedangkan literasi numerasi membantu pengembangan kemampuan berpikir logis, analitis, dan pemecahan masalah berbasis data. Sinergi antara kedua literasi tersebut terbukti mendukung pencapaian tujuan Kurikulum Merdeka dalam membentuk profil pelajar Pancasila yang kritis, kreatif, dan berdaya saing di era modern.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...