Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika
Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Prosedur Newman Di Kelas IX C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar

Dewanti Dena, Adelvina (Unknown)
Putri, Gusti Ayu Made Arna (Unknown)
Noviantari, Putu Suarniti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat diketahuinya jenis dan penyebab masalah yang dihadapi siswa yang siswa kelas IX C SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar terkait penyelesaian soal bangun ruang sisi data berdasarkan Prosedur Newman, ditemukan bahwa siswa melakukan berbagai jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal, yaitu kesalahan membaca, memahami masalah, transformasi masalah, proses penyelesaian, dan penulisan jawaban akhir. Penyebab utama kesalahan tersebut meliputi kurangnya pemahaman terhadap istilah soal, ketidaktelitian, ketidaktahuan atau kelupaan terhadap rumusan yang digunakan, serta kurangnya latihan dan kebiasaan dalam kesimpulan jawaban. Kesalahan yang paling sedikit dilakukan adalah kesalahan membaca (4,31%), sedangkan kesalahan yang paling sering dilakukan adalah kesalahan penulisan jawaban akhir (50,41%). Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih menekankan pada pemahaman konsep, ketelitian, serta pembiasaan dalam kesimpulan jawaban untuk mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pemantik

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika is managed by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mahasaraswati Denpasar and was published for the first time in March 2021 which is a medium for publishing the results of research or studies ...