Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap permasalahan: 1) bagaimana pelaksanakan pembelajaran berbasis VAK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang studi SKI di Kelas VIII MTs. Nurul Khoiriyah; 2) Apa kendala dan 3) apa upaya yang dilakukan guru SKI dalam maksimalisasi pembelajaran berbasis VAK guna meningkatkan motivasi siswa. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif geskriptif jenis studi kasus, hasil penelitian ini mengungkap bahwa pembelajaran berbasis Visualization Auditori Kinestetik (VAK) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kesimpulan: 1) Pelaksanaan pembelajaran berbasis visualization auditori kinestetik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang studi sejarah kebudayaan Islam, maka guru bidag studi SKI melakukan: a) Persiapan pembelajaran berbasis VAK secara matang dengan cara, mengidentifikasi tujuan materi, memilih materi yang tepat dan menyiapkan sumber belajar; b) Melaksanakan langkah-langkah pembelajaran berbasis VAK yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara, menyajikan materi ajar dengan media visual melalui video, dan media audio melalui rekaman suara serta menyajikan materi ajar kinestetik dalam bentuk aktifitas fisik serta melakukan evaluasi proses dan hasil pembelajaran, 2) Faktor penghambat yang dihadapi guru bidang studi sejarah kebudayaan Islam pada pelaksanaan pembelajaran berbasis VAK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu:a) Minimnya ketersediaan media visual dan audio yang siap pakai, b) minimnya pengalaman aktifitas kinestetik siswa; c) kesulitan membangun kolaborasi dengan guru bidang sudi lain; 3) Upaya maksimalisasi yang dilakukan oleh guru bidang studi sejarah kebudayaan Islam pada pelakanaan pembelajaran berbasis VAK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu: a) Bekerjasama dengan operator madrasah dalam mendesain media visual dan audio; b) Bekerja sama dengan sesama guru dalam melatih aktifitas kinestetik siswa, c) Meningkatkan partisipasi kolaborasi guru bidang studi serumpun dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis vizualitation auditori kinestetik
Copyrights © 2025