cover
Contact Name
Mawaddah
Contact Email
mawaddah@iaiyasnibungo.ac.id
Phone
+6283174020527
Journal Mail Official
mawaddah@iaiyasnibungo.ac.id
Editorial Address
Jl. Lintas Sumatera, KM.04, Sungai Binjai, Kecamatan Bathin III, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, Indonesia, Kode Pos 37211
Location
Kab. bungo,
Jambi
INDONESIA
MUTAADDIB: Islamic Education Journal
ISSN : -     EISSN : 29873525     DOI : https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v3i1
Core Subject : Education,
MUTAADDIB Islamic Education Journal is published by Islamic Education Study Program with Center for Research, Publications and Community Service Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. its dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Education. The languages used in this journal are Indonesia, English and Arabic. This journal is published twice a year, April and October in online version. The editors receive scientific articles of academics, lecturers, and researchers who have never been published by other Journals.
Articles 30 Documents
Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Umum dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di Era Society 5.0 (Studi pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bungo) Sriani; Mawaddah, Mawaddah
MUTAADDIB : Islamic Education Journal Vol. 1 No. 1 (2023): (April 2023)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/mutaaddib.v1i1.478

Abstract

Implementasi Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan tujuan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan meraih kesuksesan dunia dan akhirat. Akhlak mulia adalah manifestasi dari keimanan yang diyakini setiap orang yakni siswa. Oleh karena itu keimanan dan ketaqwaan yang menyatu pada diri seseorang melalui perwujudan karakternya yang akan menghindarkan dari perbuatan-perbuatan yang bersifat buruk, merusak, dan membahayakan masyarakat serta merusak citra persatuan dan kesatuan masa depan bangsa di era Society 5.0 yang diiringi dengan kemajuan teknologi dan informasi. Metodologi penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kualitatif deskritif. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini adalah bahwa Kurikulum PAI sangat penting diterapkan di sekolah umum dan merupakan pondasi dalam mengantarkan kepribadian siswa yang mulia, dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran PAI serta cara yang digunakan dan segenap kegiatan yang dilakukan oleh guru agama untuk membantu seorang atau sekelompok siswa dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam atau menumbuhkembangkan nilai-nilai Islam kedalam diri siswa. Maka dari itu perlu diimplementasikan kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah umum agar karakter Islami peserta didik dapat terjamin dengan baik yakni yang berakhlak mulia, karena akhlak adalah manifestasi dari keimanan yang diyakini setiap siswa.
Pelaksanaan Apersepsi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di Man 3 Bungo Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo Darisma Putri, Opi Teci; Ulva, Rini
MUTAADDIB : Islamic Education Journal Vol. 1 No. 1 (2023): (April 2023)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/mutaaddib.v1i1.479

Abstract

Pengaruh apersepsi akan terasa saat minat siswa terhadap suatu mata pelajaran kurang. Karena minat yang kurang bisa disiasati dengan metode penyampaian materi dengan tepat pula. Pengaruh apersepsi terhadap minat peserta didik diharapkan bisa memberikan efek baik agar siswa lebih mudah memahami materi, terlebih pada mata pelajaran fikih. Fikih merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang diajarkan di sekolah. Pokok bahasan fikih adalah tentang hukum Islam. Ditemukan masalah melalui observasi pada awal pembelajaran Fikih di kelas ada siswa yang memilih mengerjakan soal mata pelajaran sebelumnya dari pada mengikuti proses pembelajaran Fikih dan ada juga siswa yang mengobrol dengan temannya selama pembelajaran Fikih berlangsung di kelas. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualititatif. Pendekatan kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.
Pelaksanaan Pendidikan Informal Pada Keluarga Suku Anak Rimba di Kampung Kelukup Dusun Dwi Karya Bhakti Kabupaten Bungo Sungkowo; Saputra, Yahya
MUTAADDIB : Islamic Education Journal Vol. 1 No. 1 (2023): (April 2023)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/mutaaddib.v1i1.480

Abstract

Secara umum hampir 90 % anak rimba tidak memperoleh pendidikan formal dikarenakan tekanan mental dan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif disekripdif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Permasalahan yang diteliti meliputi: 1) Bagaimana sistem pendidikan informal yang dilakukan oleh masyarakat suku anak rimba di kampung Kelukup Dusun Dwi Karya Bhakti Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo, 2) kendala yang dihadapi oleh masyarakat suku anak rimba dalam melaksanakan pendidikan informal bagi putra-putrinya, 3) Upaya yang dilakukan oleh masyarakat suku anak rimba dalam melaksanakan pendidikan informal bagi putra-putrinya. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Sistem pendidikan informal yang dilakukan oleh masyarakat suku anak rimba di kampung Kelukup Dusun Dwi Karya Bhakti meliputi: a) pendidikan besale (perenungan diri dalam proses pengobatan), b) pendidikan berburu, c) pendidikan menghafal mantra, 2) Kendala yang dihadapi oleh masyarakat suku anak rimba dalam melaksanakan pendidikan informal bagi putra-putrinya meliputi: a) kendala strata sosial yang jauh berbeda dengan masyarakat umum menjadi pemyebab mindernya suku anak rimba dalam berinteraksi, b) sikap pesimis yang melekat pada suku anak rimba menjadi penyebab mereka tetap terisolir, 3) Upaya yang dilakukan oleh masyarakat suku anak rimba dalam melaksanakan pendidikan informal bagi putra-putrinya adalah: a) program kerjasama pada persamaan hak dan kewajiban warga Negara, b) program pemberdayaan prempuan, c) program Keluarga Berencana, d) program majelis taklim, e) program pelayanan kesehatan Ibu dan Anak, f) program bina keluarga sejahtera.
Kompetensi Pedagogik Guru Bidang Studi Fiqih dalam Meningkatkan Kecerdasan Intelektual (Iq) Siswa di Kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Mujawwidin Kabupaten Tebo Nelis, Selvia; Nuraini, Inoh
MUTAADDIB : Islamic Education Journal Vol. 1 No. 1 (2023): (April 2023)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/mutaaddib.v1i1.481

Abstract

Masalah yang kami temukan di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Raudhatul Mujawwidin Kecamatan Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo, penulis melihat hasil pembelajaran atau hasil ujian tengah semester Mata Pelajaran Fikih anak kelas 8 di semester 2 ini banyak yang tidak tuntas sesuai dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditentukan oleh sekolah. Dari 32 siswa kelas 8 hanya 7 siswa yang mendapatkan nilai tuntas. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang berpengaruh pada proses pembelajaran diantaranya adalah implementasi kompetensi pedagogik guru pada proses pembelajaran yang belum maksimal. Karna terlihat ada beberapa anak yang ribut ketika belajar, tidak memperhatikan selain itu juga metode pembelajaran yang didominasi dengan metode ceramah sehingga membuat anak jenuh sehingga pemahaman yang anak dapatkan kurang maksimal. Transfer ilmu yang kurang efektif berimbas pada ketidaktuntasan hasil belajar. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan kompetensi pedagogik guru bidang studi fikih dalam meningkatkan kecerdasan intelektual (IQ) siswa, mengetahui Kendala yang dihadapi guru dalam penerapan kompetensi dan mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru bidang studi fikih dalam memaksimalkan kompetensi pedagogik guna meningkatkan kecerdasan intelektual siswa Kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Mujawwidin Kabupaten Tebo. Sedangkan Metode yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dan hasil penelitian menunjukkan mengoptimalkan kompetensi pedagogik guru bidang studi fikih dapat meningkatkan kecerdasan intelektual siswa. Dari data hasil ujian sebelum dan sesudah penelitian nilai siswa relatif meningkat.
Pola Asuh Santriwati dalam Membina Akhlakul Karimah di Lembaga Pendidikan Islam Pondok Pesantren As-Salam Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo Zaitun, Watini; Umatin, Ana Rosyidatu
MUTAADDIB : Islamic Education Journal Vol. 1 No. 1 (2023): (April 2023)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/mutaaddib.v1i1.482

Abstract

Penelitian ini tentang pola asuh santriwati dalam membina akhlakul karimah di Lembaga Pendidikan Islam Pondok Pesantren As-Salam Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Kajian teoretik dalam penelitian ini ialah: Pola asuh dan akhlakul karimah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan data berupa catatan lapangan, dokumentasi, rekaman audio dan video serta foto atau gambar. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis data melalui analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema kultural. Uji keabsahan data dilakukan dengan beberapa tekhnik yang umum digunakan dalam penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pola asuh yang diterapkan di LPI Pondok pesantren As-Salam dalam membina akhlakul karimah adalah pola asuh demokratis, pola asuh otoriter dan pola asuh permissif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa akhlak santriwati di LPI pondok pesantren As-Salam Rimbo bujang sudah cukup baik, hanya saja sebagian kecil masih ada yang belum sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Hadist sebagaimana yang telah diarahkan oleh pengasuhnya.
Motivasi dalam Organisasi ;Pengertian Motivasi dan Proses Motivasi; Teori-Teori Motivasi; Penerapan Motivasi dalam Organisasi; Motivasi dan Kinerja Adi Yusuf , Muhammad; Suhada
MUTAADDIB : Islamic Education Journal Vol. 2 No. 2 (2024): (October 2024)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/mutaaddib.v2i2.636

Abstract

Tindakan seseorang dipengaruhi oleh dorongan internal untuk mencapai sasaran tertentu. Dorongan ini disebut motivasi, yang berfungsi sebagai penggerak seseorang dalam melakukan aktivitas demi meraih tujuannya. Dalam konteks perilaku organisasi, pemahaman tentang motivasi memegang peranan krusial. Studi ini mencakup definisi motivasi, teori-teori pendukung, implementasinya dalam organisasi, serta hubungannya dengan kinerja. Penelitian ini menerapkan metode tinjauan pustaka, menganalisis berbagai studi yang telah ada. Peneliti menyajikan eksplorasi mendalam tentang aspek motivasi dalam lingkungan organisasi, menggali berbagai sudut pandang dan temuan dari literatur yang relevan. Dengan pendekatan ini, studi bertujuan memberikan pemahaman komprehensif tentang peran motivasi dalam membentuk perilaku individu di dalam organisasi, serta dampaknya terhadap dinamika dan efektivitas organisasi secara keseluruhan.
Pengaruh Keteladanan Guru Dan Budaya Sekolah Terhadap Etika Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Bungo Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo (Studi pada Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Bungo) Puji Lestari, Devi; Noviriani; Sungkowo
MUTAADDIB : Islamic Education Journal Vol. 2 No. 1 (2024): (April 2024)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/mutaaddib.v2i1.638

Abstract

Pendidikan bagi siswa bersumber dari konsep-konsep yang ada dalam ajaran Islam, etika sangat berkaitan dengan diri, orang tua, guru, teman dan masyarakat luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru (X1) terhadap etika siswa (Y) serta budaya sekolah (X2) terhadap etika siswa (Y) serta keteladanan siswa dan budaya sekolah terhadap etika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif metode survey, analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji anova. Pada penlitian ini populasi sebanyak 48 siswa, sampel yang diambil adalah kseluruhan siswa yaitu 48. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket (kuisioner), observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis menggunakan bantuan program SPSS didapatkan nilai pada uji t X1 terhadap Y yaitu thitung sebesar 12,683. Maka diketahui bahwa thiting (12,683) > ttabel (2,05183) dapat disimpulkan bahwa keteladanan guru (X1) berpengaruh terhadap etika siswa (Y) atau Ha diterima dan Ho ditolak serta hasil dari nilai korelasi (r) adalah 0,951,hal tersebut menunjukkan bahwa antara keteladanan guru (X1) terhadap etika siswa (Y) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Kemudian nilai uji t pada X2 terhadap Y yaitu thitung sebesar 12,300. Maka diketahui bahwa thitung (12,300) > ttabel (2,05183) dapat disimpulkan bahwa budaya sekolah (X2) berpengaruh terhadap etika siswa (Y) atau Ha diterima dan Ho ditolak serta hasil dari nilai korelasi (r) adalah 0,944, hal tersebut menunjukkan bahwa antara budaya sekolah (X2) terhadap etika siswa (Y) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Selanjutnya nilai uji anova pada X1 dan X2 terhadap Y yaitu nilai sig 0,824 maka diketahui bahwa sig 0,824 > 0,05 maka keteladanan guru (X1) dan budaya sekolah (X2) berpengaruh terhadap etika siswa (Y) atau Ha diterima dan Ho ditolak serta hasil dari nilai korelasi (r) adalah 0,972, hal tersebut menunjukkan bahwa antara keteladanan guru (X1) dan budaya sekolah (X2) terhadap etika siswa (Y) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh posituf dan signifikan antara keteladanan guru (X1) terhadap etika siswa(Y) serta ada pengaruh positif dan signifikan antara budaya sekolah (X2) terhadap etika siswa (Y) dan terdapat juga pengaruh positif dan signifikan antara keteladanan guru (X1) dan budaya sekolah (X2) terhadap etika siswa (Y).
Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Ditinjau dari Kompetensi Pedagogik dan Profesional di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo Andriani, Lusi; Khamim, siti; Rodhiyah; Mawaddah
MUTAADDIB : Islamic Education Journal Vol. 1 No. 2 (2023): (October 2023)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/mutaaddib.v1i2.641

Abstract

Bedasarkan latar belakang masalah serta fokus penelitian yang telah diuraikan, maka peneliti menetapkan masalah yang diteliti yaitu kinerja guru Pendidikan Agama Islam ditinjau dari kompetensi pedagogik dan profesional, kendala kinerja guru Pendidikan Agama Islam ditinjau dari kompetensi pedagogik dan profesional, dan usaha meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam ditinjau dari kompetensi pedagogik dan profesional di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Kabupaten Tebo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja, kendala, serta untuk mengetahui usaha meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam ditinjau dari kompetensi pedagogik dan profesional di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Kabupaten Tebo. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian lapangan (field research). Berdasarkan analisis data penulis menemukan bahwa kinerja guru Pendidikan Agama Islam sudah cukup bagus, mampu menguasai materi pembelajaran dan memahami karakter siswa-siswinya, guru juga membuat perangkat pembelajaran dan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan, walaupun masih ada kendala dalam pembelajaran yaitu masih ada siswa yang ribut tetapi itu bisa cepat diatasi oleh guru. Sekolah juga sudah membuat program seperti sholat berjama’ah, kuliah tujuh menit (kultum), mengikuti seminar, dan bertukar fikiran atau musyawarah guru mata pelajaran.
Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di Kelas X (Studi Pada Madrasah Aliyah Swasta Al-Fattah Bungo) Erwindi; Noviriani; Sungkowo
MUTAADDIB : Islamic Education Journal Vol. 2 No. 2 (2024): (October 2024)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/mutaaddib.v2i2.643

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model Project Based Learning terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata Pelajaran fikih materi pengurusan jenazah dikelas X MA Al-Fattah Sungai Binjai Kabupaten Bungo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Experiment dengan desain Pre experiment (non-desain). dan bentuk dari desainnya adalah pretest postest one grup design. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena mengambil seluruh populasi dari siswa kelas X di MA Al-Fattah Sungai Binjai dengan jumlah subyek penelitian 15 responden, penelitian ini hanya menggunakan satu kelas saja tanpa adanya kelas perbandingan. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan statistika analitik. Dan dua variabel yang ada yaitu variabel X (Model Project Based Learning) dan variabel Y (Hasil Belajar Siswa). Kemudian data peneliti dari dua variabel tersebut diolah untuk mengetahui dan menjawab pertanyaan peneliti. Peneliti melakukan Pretest dan Postest untuk memperoleh data variabel X dan Variabel Y. Dari Hasil analisis statistik dengan paried sample t-test dengan mengunakan uji t dapat diketahui bahwa nilai t tabel sebesar 1,753. Dengan frekuensi (dk) sebesar 15-1=14 pada taraf signifikan 0,05% diperoleh -4.381. oleh karena itu -t hitung < - t tabel pada taraf signifikan 0,05 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima yang berarti bahwa ada pengaruh dalam menerapkan model project-based learning terhadap hasil belajar siswa.
Konsep Pendidikan Karakter Kitab Ta’limul Muta’allim dalam Mencapai Kesuksesan Intelektual Yusak, Rifki; Ismail, M. Syukri; Mu'alimin, Mu'alimin; Yandra, Joni Juli
MUTAADDIB : Islamic Education Journal Vol. 2 No. 1 (2024): (April 2024)
Publisher : Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51311/mutaaddib.v2i1.644

Abstract

Pendidikan merupakan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dimiliki setiap siswa, terlebih pendidikan karakter juga harus berakar pada jiwa siswa, banyak siswa yang kurang memahami karakternya dan melanggar akhlak. Realitas yang terjadi saat ini sangat menyedihkan. Degradasi moral generasi muda seakan merupakan rangkaian kalimat yang cocok untuk menggambarkan kondisi atau perilaku moral generasi milenial di era sekarang. Banyak anak muda Indonesia yang berperilaku tidak normal, seperti perkelahian antar teman, tidak menghormati orang tua, bahkan pembunuhan, pencurian, dan kejahatan seksual. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat studi pustaka (Library research). Guna mendapatkan hasil penelitian yang valid maka diperlukan seleksi sumber, baik sumber data primer maupun sumber data sekunder. Sumber data primer penelitian ini kitab Ta’limul Muta’alim karya Imam Az-Zarnuji. Sedangkan sumber data sekunder adalah buku dan kitab yang berkaitan dengan pendidikan karakter yang relevan. Konsep Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’limul Mutaâllim karya Imam Az-Zarnuji yaitu niat dalam mencari ilmu, memilih ilmu, guru dan teman, mengangungkan ilmu dan Ulama, kesungguhan, kontinuitas, dan semangat. Metode belajar, tawakkal, dan wara’ saat belajar. Hal ini sangat mempengaruhi setiap pelajar dalam mencapai kesuksesan intelektual.

Page 1 of 3 | Total Record : 30