Permasalahan yang sering terjadi pada dunia pendidikan hingga saat ini adalah kegagalan siswa dalam bersikap disiplin, meskipun sikap tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Untuk mendukung kinerja guru kesiswaan dalam menetapkan tindakan kepada siswa yang memiliki masalah di sekolah, diperlukan sebuah sistem yang bertujuan untuk memudahkan pengelolaan terhadap pelanggaran siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah sistem informasi kesiswaan yang menggunakan metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) untuk menentukan penanganan pelanggaran siswa di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penggunaan metode SMART dalam sistem ini membantu dalam pengambilan keputusan terkait penanganan pelanggaran siswa berdasarkan atribut relevan seperti tingkat keparahan pelanggaran dan poin pelanggaran siswa. Penelitian dan pengembangan sistem dilakukan menggunakan model FourD (4D) yang mencakup tahapan define, design, develop, dan disseminate. Model pengembangan 4D digunakan karena memiliki tahapan yang sistematis dan sesuai untuk penelitian pengembangan. Hasil pengujian oleh validator ahli perangkat lunak menunjukkan efektivitas sistem dengan hasil 100% pada aspek fungsionalitas dan 92.26% pada aspek usabilitas. Implementasi penggunaan produk dilakukan oleh tujuh guru tatib SMKN 2 Malang. Hasil uji coba pengguna menunjukkan persentase sebesar 92.69% dengan kriteria sangat valid. Oleh karena itu, produk dianggap layak dan dapat digunakan sebagai solusi penanganan pelanggaran siswa di SMK.
Copyrights © 2025