Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji cara pembuatan naskah Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dalam Program Mozaik Indonesia di Radio Republik Indonesia Bogor Pro 1 (RRI Bogor Pro 1). Radio Republik Indonesia (RRI) memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui strategi komunikasi yang efektif dan terencana. Sebagai alat komunikasi yang berbasis suara, radio tidak hanya berfungsi untuk menyampaikan informasi, tetapi juga menciptakan ikatan emosional dengan para pendengarnya melalui kekuatan audio dan cerita. Salah satu metode komunikasi yang diterapkan adalah pembuatan Iklan Layanan Masyarakat (ILM), yang berfungsi sebagai media untuk memberikan informasi, pendidikan, dan meningkatkan kesadaran sosial di kalangan masyarakat. Data diperoleh melalui metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan observasai yang melibatkan partisipasi dan wawancara mendalam dengan penulis naskah, penyiar, serta produser acara. Pendekatan kualitatif diterapkan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai langkah-langkah dalam pembuatan naskah, seperti identifikasi isu, riset audiens, penulisan naskah, serta proses produksi dan penyiaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur naskah Iklan Layanan Masyarakat di RRI Bogor Pro 1 mengikuti pola sistematis, yang terdiri dari pembukaan yang menarik perhatian, identifikasi masalah, penyampaian pesan dan solusi, ajakan untuk bertindak, serta penutupan yang berdampak. Penelitian ini memberikan literatur komunikasi massa dengan menekankan pentingnya proses kreatif dan penyusunan naskah yang terstruktur dalam menyampaikan pesan sosial secara persuasif dan mendidik kepada masyarakat. Secara keseluruhan keberhasilan dalam pembuatan naskah Iklan Layanan Masyarakat di program Mozaik Indonesia dipengaruhi oleh kerja sama antara tim kreatif, penyiar, dan manajemen, serta kesesuaian dengan prinsip-prinsip komunikasi massa yang bertujuan untuk memengaruhi pendapat umum dan meningkatkan kesadaran sosial.
Copyrights © 2025