Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 8 No. 3 (2025): September - Desember 2025

Pengaruh Kemandirian Belajar, Pemberian Reward, Punishment, Teman Sebaya dan Dukungan Orangtua terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening di SMK Cersa Pasaman

Dini, Jelvita (Unknown)
Yasmi, Fifi (Unknown)
Areva, Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2025

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya memahami faktor-faktor yang memengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran PKK (Produk Kreatif dan Kewirausahaan) yang menuntut kemandirian, kreativitas, serta tanggung jawab tinggi. Hasil penelitian ini adalah 1) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien sebesar -0,056 dan nilai thitung -1,066 < ttabel 1.663, 2) pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,414 dan nilai thitung 5,663 > ttabel 1.663, 3) pengaruh pemberian punishment terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,195 dan nilai thitung 2,778 > ttabel 1.663, 4) pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,230 dan nilai thitung 4,196 > ttabel 1.663, 5) pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,261 dan nilai thitung 4,924 > ttabel 1.663, 6) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,078 dan nilai thitung 2,296 > ttabel 1.663, 7) pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,393 dan nilai thitung 7,182 > ttabel 1.663, 8) pengaruh punishment terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,149 dan nilai thitung 3,182 > ttabel 1.663, 9) pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,085 dan nilai thitung 2,221 > ttabel 1.663, 10) pengaruh dukungan orang tua terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,130 dan nilai thitung 3,401 > ttabel 1.663, 11) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien sebesar 0,236 dan nilai thitung 3,342 > ttabel 1.663. Jenis penelitian ini adalah deskriptif asosiatif. Populasi penelitian terdiri dari 92 siswa kelas X dan XI di SMK Cersa Pasaman dengan teknik stratified random sampling. Instrumen berupa angket tertutup dan analisis data menggunakan uji jalur, uji hipotesis, serta uji t. Disimpulkan bahwa peningkatan kemandirian belajar perlu mendapat dukungan guru dan orang tua.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...