INVENTION: Journal Research and Education Studies
Volume 6 Nomor 3 November 2025 | IN PRESS

Eksplorasi Pengalaman Mahasiswa PPKn UNIMED dalam Mengakses Konten FYP TikTok dan Kaitannya dengan Wawasan Kewarganegaraan

Sari, Bertania Permata (Unknown)
Barus, Deo Agung Haganta (Unknown)
Sihotang, Agustin Pratama (Unknown)
Sidabutar, Eirene Dahlia (Unknown)
Purba, Nasywa Yasmin (Unknown)
Yunita, Sri (Unknown)
Neva, Chandra Fhutu (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2025

Abstract

Perkembangan teknologi informasi, terutama TikTok, telah mengubah cara mahasiswa mengakses informasi dan berinteraksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman mahasiswa PPKn UNIMED dalam mengakses konten FYP TikTok dan pengaruhnya terhadap wawasan kewarganegaraan. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara semi-terstruktur kepada mahasiswa aktif pengguna TikTok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa mengakses TikTok setiap hari, menemukan konten yang edukatif terkait nilai-nilai kewarganegaraan, toleransi, dan hak asasi manusia. Namun, mereka juga menghadapi tantangan seperti misinformasi. Kesimpulannya, TikTok dapat berfungsi sebagai media pembelajaran kewarganegaraan yang efektif, asalkan didukung oleh literasi digital yang baik. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk mengintegrasikan pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran PPKn.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jres

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Invention invites lecturers, scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to Education, which include textual and field studies with various perspectives, Educational Management, Educational Policy, Educational Technology, ...