INVENTION: Journal Research and Education Studies
Volume 6 Nomor 3 November 2025 | IN PRESS

Strategi Penerapan Knowledge Management dalam Mengembangkan Mutu dan Daya Saing Pendidikan di MAN 2 Langkat

Mufliha, Khaira (Unknown)
Sari, Novita (Unknown)
Ridha, Zaifatur (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Penerapan Knowledge Management dalam Mengembangkan Mutu dan Daya Saing Pendidikan di MAN 2 Langkat.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penerapan Knowledge Management (manajemen pengetahuan) berperan dalam meningkatkan mutu dan daya saing madrasah. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis untuk menggambarkan secara menyeluruh pelaksanaan Knowledge Management di MAN 2 Langkat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAN 2 Langkat telah menerapkan strategi Knowledge Management dengan memfokuskan pada dokumentasi pengalaman terbaik, berbagi pengetahuan melalui forum guru (MGMP internal), pengelolaan administrasi berbasis sistem digital, serta refleksi pembelajaran secara berkelanjutan. Strategi ini memastikan agar pengetahuan dan pengalaman sekolah dapat tersimpan, dibagikan, dan dimanfaatkan sebagai dasar peningkatan mutu secara berkesinambungan. Mutu pendidikan di MAN 2 Langkat tercermin dari prestasi akademik siswa, penguatan karakter, keterampilan abad ke-21, serta profesionalisme guru dan tata kelola administrasi. Daya saing madrasah meningkat melalui reputasi positif di masyarakat, keberhasilan akreditasi, serta capaian prestasi siswa di berbagai tingkat. Penerapan Knowledge Management terbukti mampu memperkuat kolaborasi antar guru, meningkatkan efisiensi administrasi, dan menumbuhkan budaya belajar mandiri pada siswa. Dengan demikian, Knowledge Management berperan sebagai fondasi strategis yang menyatukan seluruh elemen sekolah dalam mewujudkan MAN 2 Langkat sebagai lembaga pendidikan unggul dan berdaya saing tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jres

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Invention invites lecturers, scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to Education, which include textual and field studies with various perspectives, Educational Management, Educational Policy, Educational Technology, ...