Industri MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) di Indonesia mengalami peningkatan tiap tahun nya, peningkatan tersebut dapat di lihat dari jumlah event dan peserta event tiap tahun nya yang selalu bertambah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh jumlah peserta pada event Billiard Pranala X XYZ yang diselenggarakan oleh CV Nuansa Elang Langit pada Maret 2025 mengalami fluktuasi yang diduga disebabkan oleh perbedaan harga dan fasilitas yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan fasilitas terhadap keputusan pembelian peserta dalam event tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa harga dan fasilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai F-hitung sebesar 2326,835 > F-tabel 3,09 dan signifikansi 0,000. Secara parsial, variabel harga (X₁) berpengaruh signifikan dengan t-hitung 2,679 > t-tabel 1,984 dan signifikansi 0,009, serta fasilitas (X₂) juga berpengaruh signifikan dengan t-hitung 9,604 > t- tabel 1,984 dan signifikansi 0,009. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 6,250 + 0,312X₁ + 0,445X₂, dan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,372, yang menunjukkan bahwa 37,2% keputusan pembelian dipengaruhi oleh harga dan fasilitas.
Copyrights © 2025