Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Inquiry Social Complexity (ISC) terhadap keterampilan menulis cerpen peserta didik kelas IV. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan one-group pretest-posttest design. Populasi berjumlah 40 peserta didik kelas IVA dan IVB, serta sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 peserta didik kelas IVA di sebuah SD di Kabupaten OKU Timur. Pengumpulan data dilakukan melalui tes menulis cerpen sebelum dan sesudah penerapan model Inquiry Social Complexity (ISC). Analisis data menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada keterampilan menulis cerpen peserta didik setelah penerapan model Inquiry Social Complexity (ISC). Nilai rata-rata hasil menulis cerpen meningkat dari 56,1 menjadi 84,55. Hasil output independent samples test (uji-t) menunjukkan nilai signifikansi 0,000. Nilai 0,000 merupakan nilai yang lebih kecil atau kurang dari 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa penerapan model Inquiry Social Complexity (ISC) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis cerpen peserta didik.
Copyrights © 2025