Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peningkatan hasil belajar fisika peserta didik yang diberikan model Team Games Tournament metode Peer Teaching pada materi vektor, 2) peningkatan motivasi belajar fisika peserta didik yang diberikan model Team Games Tournament metode Peer Teaching pada materi vektor, dan 3) keefektifan model Team Games Tournament metode Peer Teaching pada materi vektor. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi-experimental dengan jenis Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan teknik tes, angket, dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal pretest dan posttest, angket, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang diberikan perlakuan model pembelajaran Teams Games Tournament metode peer teaching, 2) tidak terdapat peningkatan motivasi belajar yang bermakna pada peserta didik yang diberikan perlakuan model pembelajaran Teams Games Tournament metode peer teaching, 3) kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Teams Games Tournament metode peer teaching memiliki pembelajaran yang paling efektif dilihat dari effect size hasil belajar yang berada pada kategori kuat.
Copyrights © 2025