Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 12, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan Fisika

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI VEKTOR

Als, Alfan (Unknown)
Sukardiyono, Sukardiyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peningkatan hasil belajar fisika peserta didik yang diberikan model Team Games Tournament metode Peer Teaching pada materi vektor, 2) peningkatan motivasi belajar fisika peserta didik yang diberikan model Team Games Tournament metode Peer Teaching pada materi vektor, dan 3) keefektifan model Team Games Tournament metode Peer Teaching pada materi vektor. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi-experimental dengan jenis Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan teknik tes, angket, dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal pretest dan posttest, angket, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang diberikan perlakuan model pembelajaran Teams Games Tournament metode peer teaching, 2) tidak terdapat peningkatan motivasi belajar yang bermakna pada peserta didik yang diberikan perlakuan model pembelajaran Teams Games Tournament metode peer teaching, 3) kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran Teams Games Tournament metode peer teaching memiliki pembelajaran yang paling efektif dilihat dari effect size hasil belajar yang berada pada kategori kuat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pfisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan karya ilmiah atau artikel dari hasil penelitian bidang pendidikan fisika. ...