An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 4 No. 6: November 2025

KEMAMPUAN GURU PAI MEMBERIKAN UMPAN BALIK PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 3 BULANGO TIMUR KABUPATEN BONE BOLANGO

Yunita Ibrahim (Unknown)
Baso Tola (Unknown)
Wiwik Pratiwi Halias (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memberikan umpan balik serta dampaknya terhadap proses pembelajaran di SD Negeri 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru PAI dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memiliki kemampuan yang baik dalam memberikan umpan balik yang mencakup umpan balik langsung, tidak langsung, positif, dan negatif. Guru mampu menyesuaikan bentuk umpan balik sesuai karakteristik siswa dan situasi pembelajaran, sehingga siswa lebih memahami kesalahan, termotivasi untuk memperbaiki diri, serta aktif dalam kegiatan belajar. Umpan balik yang diberikan juga menciptakan suasana belajar yang komunikatif, membangun hubungan positif antara guru dan siswa, serta meningkatkan efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran PAI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...