IKRA-ITH ABDIMAS
Vol. 10 No. 2 (2026): IKRAITH-ABDIMAS Vol 10 No 2 Juli 2026

Pemberdayaan Karangtaruna Dalam Pengembangan Pengemasaran Di Desa Wisata Patengan Kec. Rancabali Bandung

Herawati, Heny (Unknown)
Lestari, Sri (Unknown)
Suldina, Farida (Unknown)
Bandawati, Euis (Unknown)
Sanjoyo, Sanjoyo (Unknown)
Sabilla, Nazwa Zahra (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2026

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan Karang Taruna Desa WisataPatengan dalam mengembangkan strategi pemasaran berbasis potensi lokal. Permasalahan utamayang dihadapi adalah keterbatasan keterampilan pemasaran digital, desain kemasan produk, danjejaring promosi yang masih sempit. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, pelatihanpemasaran digital, workshop desain kemasan, pendampingan organisasi, serta pengembanganjejaring dengan pelaku pariwisata. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kapasitasKarang Taruna dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi, terciptanya produkdengan kemasan yang lebih menarik, serta terbangunnya jaringan kerjasama dengan pihakeksternal. Pemberdayaan ini memberikan dampak positif terhadap penguatan peran pemuda dalammendukung keberlanjutan Desa Wisata Patengan. Pengabdian Masyarakat ini menegaskanpentingnya pelatihan berkelanjutan, dukungan modal, dan akses jaringan pemasaran dalammeningkatkan daya saing desa wisata berbasis komunitas.

Copyrights © 2026






Journal Info

Abbrev

IKRAITH-ABDIMAS

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

This IKRA-ITH Abdimas scientific journal is a Scientific Community Service Journal published by the Institute of Research and Community Service from YAI Persada Indonesia University. This scientific journal is a means of pouring out the ideas and activities of lecturers working in the field of ...