Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 5 No. 3 (2025): September-December 2025

Problem Posing Berbantuan Card Sort: Strategi Alternatif dalam Pengembangan Keterampilan Kolaborasi Siswa Vokasi

Nur Sabrina, Risye (Unknown)
Sukadi, Sukadi (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2025

Abstract

Dunia industri menuntut tenaga kerja tidak hanya memiliki kompetensi teknis, tetapi juga keterampilan kolaborasi seperti kemampuan bekerja dalam tim, komunikasi efektif, dan pemecahan masalah. Keterampilan tersebut semakin penting seiring dengan perubahan kebutuhan kerja yang menekankan produktivitas berbasis kerja sama. Namun, pembelajaran di sekolah vokasi masih didominasi oleh pendekatan konvensional yang berfokus pada individu, sehingga perkembangan keterampilan kolaborasi siswa kurang optimal. Tujuan studi ini untuk menganalisis sejauh mana keterampilan kolaborasi siswa meningkat melalui pembelajaran dengan model problem posing berbantuan card sort dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional. Metode yang diterapkan dalam studi ini yaitu kuasi eksperimen rancangan non-equivalent control group dengan Subjek penelitian adalah 65 siswa kelas XI DPIB SMKN 6 Bandung yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu 34 siswa kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol. Alat ukur penelitian menggunakan pre non test serta post non test berupa self-assessment yang dirancang untuk mengukur keterampilan kolaborasi siswa. Data dianalisis dengan membandingkan hasil pre non test serta post non test antara kedua kelas. Hasil studi menunjukkan bahwa penerapan model problem posing dengan card sort memberikan peningkatan keterampilan kolaborasi yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dengan skor N-Gain 70% dibandingkan kelas kontrol hanya mencapai 25%. Dengan demikian, integrasi pembelajaran berbasis problem posing dan aktivitas kolaboratif melalui card sort dapat menjadi strategi alternatif dalam mengembangkan keterampilan kolaborasi siswa vokasi, serta mendukung terciptanya pembelajaran interaktif yang relevan dengan tuntutan dunia industri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...