Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi dengan permasalahan yaitu sebagian siswa kurangnya memahami atau merasakan apa yang orang lain rasakan/empati. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pemahaman materi toleransi terhadap sikap empati peserta didik kelas XI RPL 1 SMKN 1 Sumedang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Pemahaman yang mendalam mengenai toleransi diharapkan dapat membentuk pribadi yang mampu memahami dan merasakan perasaan orang lain, sehingga melahirkan sikap empati yang kuat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI RPL 1 SMKN 1 Sumedang yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner untuk mengukur tingkat pemahaman materi toleransi dan tingkat sikap empati peserta didik. Adapun analisis data yang diperoleh indeks pengaruh pemahaman materi toleransi terhadap sikap empati menggunakan asplikasi SPSS25. Adapun hasil yang didapat dalam pemahaman materi toleransi termasuk dalam kategori Baik dengan presentase 82,33%. Artinya pemahaman materi toleransi peserta didik kelas XI RPL 1 SMKN 1 Sumedang tergolong ”Baik”. Sikap Empati menghasilkan persentase sebesar 78,55% termasuk dalam kriteria baik. Terkait dengan pengaruh antara pemahaman materi toleransi dan sikap empati memberi pengaruh sebesar 50% termasuk kategori cukup baik. Sedangkan sisanya sebesar 50% dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam rangka membentuk pribadi pemahaman materi toleransi. Kata kunci: Pemahaman; Materi; Toleransi; Sikap; Empati;
Copyrights © 2025