cover
Contact Name
Abdul Mannan
Contact Email
journal.stiehidayatullah@gmail.com
Phone
+6287700097751
Journal Mail Official
journal.stiehidayatullah@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kalimulya Raya Jl. Kb. Duren, Kalimulya, Kec. Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat 16413
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik
ISSN : -     EISSN : 29863465     DOI : doi.org/10.55182/jimp.
Core Subject : Economy,
JIMP Jurnal Ilmiyah Manajemen Profetic adalah jurnal yang mencakup tentang karya ilmiyah pada bidang Manajemen
Articles 54 Documents
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Muzakki dengan Kepuasan Sebagai Intervening Variabel: (Studi Kasus Lembaga Zakat Baitul Maal Hidayatullah) Alfaruki, Daud; Mustofa, Muhammad Apep; Fahrozi, Ridwan; Casilam, Casilam; Saifuddin, Saifuddin
JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik Vol. 1 No. 1 (2023): JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik
Publisher : Program Studi Manajemen, STIE Hidayatullah, Depok, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55182/jimp.v1i1.215

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap kepercayaan dan kepuasan muzakki pada Baitul Maal Hidayatullah Pusat, baik secara parsial maupul simultan. Dari 40 sampel Amil Baitul Maal Hidayatullah Pusat Kualitas Pelayanan didapatkan hasil thitung (16.070) > ttabel (1.66) dan sig (0,000) < (0,05) artinya variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap Kepercayaan Baitul Mall Hidayatullah Pusat. Dari 100 sampel Muzakki BMH Jakarta. Baitul Maal Hidayatullah Pusat Kualitas pelayanan didapatkan hasil thitung (3.415) > ttabel (1,66) dan nilai sig (0,000) < (0,05) dan artinya Kualitas Pelayanan sangat berpengaruh positif terhadap Kepuasan Muzakki Baitul Mall Hidayatullah Pusat. Baitul Maal Hidayatullah Pusat Kepuasan didapatkan hasil thitung (9.549) > ttabel (1,66) dan nilai sig (0,000) < (0,05) dan artinya Kualitas Pelayanan sangat berpengaruh positif terhadap Kepuasan Muzakki Baitul Mall Hidayatullah Pusat. Dari 100 sampel Amil Baitul Maal Hidayatullah Pusat Budaya Organisasi dan Pelatihan Kerja didapatkan hasil F hitung (164090) > F tabel ( 270) dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Maka secara simultan atau bersamaan Kualitas Pelayanan dan kepercayaan memiliki pengaruh positif terhadap Kepuasan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dan belum berpengaruh, baik secara secara parsial maupun secara simultan variabel Budaya Organisasi dan Pelatihan Kerja terhadap Kinerja Amil dengan nilai R Square 0,382 atau memberikan pengaruh terhadapn kinerja karyawan sebesar 38,2 % dimana sisanya 61,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Analisis Deskriftif Univariate Dampak Ekonomi Pandemi Covid-19 Terhadap Return Saham Sektor Aneka Industri Darmawan, Riky; Bahar, Hafid; Sabaruddin, Rasfiuddin
JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik Vol. 1 No. 1 (2023): JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik
Publisher : Program Studi Manajemen, STIE Hidayatullah, Depok, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55182/jimp.v1i1.227

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh wabah pandemi virus covid-19 terhadap return saham aneka industri di Bursa Efek Indonesia yang dilihat dari actual return saham sebelum dan sesudah pandemi covid-19 ditetapkan sebagai bencana nasional. pendekatan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa tidak ada pengaruh wabah pandemi covid-19 terhadap return saham sektor aneka industri di Bursa Efek Indonesia dilihat dari nilai actual return sebelum dan sesudah pandemi covid-19 sebagai bencana nasional. Tidak adanya pengaruh dari actual return tersebut dapat diketahui dari hasil olah data Sampel Paired T-Test sebelum dan sesudah peristiwa. Pada aneka industri diperoleh nilai Sig. 0.728 sedangkan pada PT Astra International Tbk. diperoleh nilai Sig. 0.710. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis Ho dapat diterima.
Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Seluler Indosat Terhadap Kepuasan Pelanggan: (Studi Kasus Irma Cell Komplek Sigma, Bekasi) Sukmana, Rifan Hady; Muldani, Veri
JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik Vol. 1 No. 1 (2023): JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik
Publisher : Program Studi Manajemen, STIE Hidayatullah, Depok, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55182/jimp.v1i1.228

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan harga seluler, dan terhadap kepuasan pelanggan Indosat Komplek Sigma Bekasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified ramdom sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data Primer. Data dikumpulkan dengan teknik penyebaran kuesioner. Metode analisis regresi berganda yaitu uji t dan uji F. Penelitian dilakukan di Irma Cell komplek Sigma Bekasi, dengan jumlah populasi sampling sebanyak 50 Orang.Hasil dari Penelitian ini berdasarkan uji regresi menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan sebesar 65,9% dan 34.1% dipengaruhi oleh variabel lain. Untuk harga seluler memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelangga sebesar 63,9%. sehingga dapat disimpulkan bahwa Pengaruh kualitas produk dan harga seluler terhadap kepuasan pelanggan Indosat Komplek Sigma Bekasi sebesar 72,9% yang artinya jika diterapkan bersamaan akan berkontribusi dengan sangat baik untuk kepuasan pelanggan.
Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Intrinsik Terhadap Kinerja Amil Baitul Maal Hidayatullah Pusat Saddam, Muhamad; Nurdin, Muhammad; Muhaimin, Abdul
JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik Vol. 1 No. 1 (2023): JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik
Publisher : Program Studi Manajemen, STIE Hidayatullah, Depok, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55182/jimp.v1i1.229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh dari Disiplin Kerja dan Motivasi Intrinsik, baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja Amil Baitul Maal Hidayatullah Pusat. Dari 50 sampel Amil Baitul Maal Hidayatullah Pusat didapatkan hasil Disiplin Kerja, diketahui thitung (2,611) > ttabel (1,667) dan sig (0,012) < (0,05) artinya variabel Disiplin Kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja Amil Baitul Maal Hidayatullah Pusat. Dari 50 sampel Amil Baitul Maal Hidayatullah Pusat. Motivasi Intrinsik, diketahui thitung (2,098) > ttabel (1,677) dan sig (0,041) < (0,05) artinya variabel Motivasi Intrinsik berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Amil Baitul Maal Hidayatullah Pusat. Dari 50 sampel Amil Baitul Maal Hidayatullah Pusat. Disiplin Kerja dan Motivasi Intrinsik, diketahui F hitung (12,729) dengan signifikan 0,000. F tabel dapat diperoleh dari F tabel statistik sebesar 3,19. Dengan demikian diketahui F hitung (12,729) > F tabel (3,19) dengan signifikan 0,000 < 0,05. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan simultan antara variabel Disiplin Kerja dan Motivasi Intrinsik terhadap variabel kinerja Amil dengan nilai Adj. R Square sebesar 0,347 atau memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 34,7% dimana sisanya sebesar 65,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen di Pasar Tradisional Pucung Raya Jatimulya Kota Depok Jawa Barat Woniman, Woniman; Lesmana, Indra; Ali Busro, M
JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik Vol. 1 No. 1 (2023): JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik
Publisher : Program Studi Manajemen, STIE Hidayatullah, Depok, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55182/jimp.v1i1.231

Abstract

Lokasi terhadap minat beli pada pasar tradisional pucung raya. berpengaruh secara parsial sebesar 0,343 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,025. dan juga dengan nilai dari thitung lebih besar dari nilai ttabel (5,036 > ttabel 1,984), secara parsial berpengaruh terhadap minat beli konsumen di pasar tradisional pucung raya, harga terhadap minat beli. Berpengaruh secara parsial sebesar 0,579 tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,5. (thitung 9,951 > ttabel 1,984) secara parsial berpengaruh positif terhadap minat beli di pasar tradisional pucung raya. lokasi dan harga terhadap minat beli berpengaruh secara simultan sebesar 93,448 dan hasil Fhitung sebesar 93,448 > dari Ftabel 2,70. Kostanta menunjukan hasil 6,367 maka minat beli = 6,367, dengan tingkat signifikansi sebesar, 0,000 < 0,05. Yang artinya secara simultan pengaruh lokasi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli di pasar tradisional pucung raya.
Analisis Penerapan PSAK 102: Akuntansi Murabahah: (Studi Kasus Pada BPRS Jam Gadang Bukittinggi dan BPRS Al-Makmur Payakumbuh) Dhani, Putri Rahma; Illahi, Ilham
JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik Vol. 1 No. 2 (2023): JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik
Publisher : Program Studi Manajemen, STIE Hidayatullah, Depok, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55182/jimp.v1i2.300

Abstract

This study aims to determine the application of murabahah accounting at PT. BPRS Jam Gadang Bukittinggi and PT. BPRS Al-Makmur Payakumbuh according to PSAK 102. This research is a comparative descriptive study (comparison) with an analytical approach. Data collection techniques used through interviews and documentation with informants who know the situation and conditions of the murabahah financing process at the BPRS. The results of this study, at PT. BPRS Jam Gadang Bukittinggi and PT. BPRS Al-Makmur in the application of recognition and measurement as well disclosure of murabahah transactions is not fully in accordance with PSAK 102. So the bank needs to re-evaluate so that the application of murabahah accounting by the bank can run and adjust to PSAK 102 regarding murabahah accounting. With the existence of a bank that does sharia-based transactions, it will make people more familiar and knowledgeagle in transactions, especially murabahah financing.
Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Pendapatan antar Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017-2021 Febriani, Vany; Anisah, Ariyun
JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik Vol. 1 No. 2 (2023): JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik
Publisher : Program Studi Manajemen, STIE Hidayatullah, Depok, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55182/jimp.v1i2.301

Abstract

Riset ini bertemakan tentang “Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Pendapatan Antar Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017-2021.” Ditulis oleh Vany Febriani, NIM 3219192. Mahasiswa prodi Ekonomi Islam Universtitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi. Riset ini disebabkan karena adanya ketidakmerataan tingkat perkembangan ekonomi antar wilayah di Provinsi Sumatera Barat tahun 2017-2021, dan kesenjangan pendapatan antar wilayah di Sumatera Barat tahun 2017-2021. Tujuan dari riset ini ialah guna mendapatkan informasi tentang tingkat pertumbuhn ekonomi dan tingginya perbedaan pendapatan diantara wilayah di Sumatera Barat selama periode 2017-2021. Jenis riset ini memakai metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi serta dataset statistik dengan taktik analisis data menggunakan sistem kuadran, index Williamson dan pembuktian Kuznets. Analisis bentuk pertumbuhan ekonomi menggunakan sistem kuadran, analisis ketidakmerataan pendapatan menggunakan index Williamson, dan hubungan diantara pertumbuhn ekonomi dengan ketidakmerataan pendapatan menggunakan pembuktian Kuznets. Bahan penelitian meliputi jumlah populasi dan product domestic regional bruto (PDRB) perkapita menurut daerah di Provinsi Sumatera Barat. Menurut hasil analisa sistem kuadran terdiri dari 8 (delapan) daerah pada kuadran cepat maju dan cepat tumbuh, 1 (satu) wilayah pada kuadran maju namun terhambat, 9 (sembilan) wilayah pada kuadran berkembang pesat, dan 1 (satu) wilayah pada kuadran relative ketertinggalan. Sementara itu, hasil perhitungan index Williamson, besar ketidakmerataan pendapatan di Provinsi Sumatera Barat meningkat 0,28 % selama periode penelitian. Dan, hasil pembuktian Kuznets menunjukkan bahwa kurva U terbalik tidak berlaku di Sumatera Barat selama tahun 2017-2021.
Peran dari Orientasi Masa Depan dan Pengetahuan Keuangan pada Perilaku Perencanaan Dana Pensiun Keluarga: Studi Literatur Sari, Maulita; Fuad, Muhammad; Dewi, Meutia
JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik Vol. 1 No. 2 (2023): JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik
Publisher : Program Studi Manajemen, STIE Hidayatullah, Depok, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55182/jimp.v1i2.314

Abstract

Artikel ini membahas pengaruh orientasi masa depan dan pengetahuan keuangan terhadap perilaku perencanaan dana pensiun keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi keputusan dalam merencanakan keuangan untuk masa pensiun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, dengan mengumpulkan dan menganalisis literatur yang relevan mengenai topik ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi masa depan dan pengetahuan keuangan memiliki hubungan positif dengan perilaku perencanaan dana pensiun keluarga. Oleh karena itu, penting bagi individu dan keluarga untuk memperhatikan faktor-faktor ini dalam merencanakan keuangan di masa pensiun. Artikel ini memberikan saran kepada individu dan keluarga untuk meningkatkan orientasi masa depan dan pengetahuan keuangan agar dapat mencapai tujuan keuangan pensiun yang lebih baik.
Pengaruh Beban Kerja dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Karyawan bagian Administrasi Pada PT. Unilever Pekanbaru Rahmi, Fauziah; Joesyiana, Kiki
JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik Vol. 1 No. 2 (2023): JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik
Publisher : Program Studi Manajemen, STIE Hidayatullah, Depok, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55182/jimp.v1i2.336

Abstract

Kemajuan suatu perusahaan tidak akan lepas dari adanya pengaruh sumber daya manusia dalam perusahaan itu sendiri. Tanpa adanya peran manusia, meskipun beberapa faktor yang dibutuhkan tersedia, suatu perusahaan tidak akan dapat berjalan dengan baik. Salah satu faktor penentu keberhasilan suatu perusahaan adalah kualitas karyawannya. Kinerja merupakan suatu prestasi yang dicapai oleh seseorang dengan kemampuan dan tindakan dalam kondisi tertentu. Kemampuan seseorang merupakan standar pengukuran pertama dalam penilaian kinerja pegawai. Terdapat beberapa faktor penentu kinerja pegawai seperti beban kerja dan stres kerja. Penelitian ini dilakukan pada PT Unilever Pekanbaru yang beralamat di Jalan Pruwosari No. 123. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai bagian administrasi yang berjumlah 40 orang di PT Unilever Pekanbaru. Sampel yang digunakan berjumlah 40 karyawan yang dipilih melalui sampling acak jenuh. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada Karyawan Bagian Administrasi PT Unilever Pekanbaru. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa beban kerja dan stres kerja mempunyai pengaruh terhadap Karyawan Bagian Administrasi PT Unilever Pekanbaru dengan Adjusted R Square (Koefisien Determinan) sebesar 0,656 yang berarti variabel bebas (X) yaitu beban kerja dan stres kerja terhadap variabel terikat (Y) yaitu kinerja pegawai sebesar 65,6%. Sedangkan sisanya sebesar 34,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Analisis Strategis Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Kinerja Ekonomi Perusahaan Wardani, Surti
JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik Vol. 1 No. 2 (2023): JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Profetik
Publisher : Program Studi Manajemen, STIE Hidayatullah, Depok, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55182/jimp.v1i2.424

Abstract

Artikel ini menyoroti pentingnya strategis komunikasi pemasaran dalam meningkatkan kinerja ekonomi perusahaan. Dengan mengadopsi pendekatan analitis, penelitian ini membahas pengaruh komunikasi pemasaran yang efektif terhadap perilaku konsumen, peningkatan posisi pasar, dan pertumbuhan pendapatan. Menggunakan teori komunikasi pemasaran dan model perilaku konsumen sebagai kerangka analisis, penelitian ini menggali bagaimana komunikasi yang dirancang dengan baik dapat memfasilitasi interaksi yang lebih baik dengan konsumen, membangun kesadaran merek, dan menghasilkan loyalitas pelanggan. Selanjutnya, studi ini menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang efektif tidak hanya tentang penyampaian pesan yang menarik tetapi juga tentang memahami dan merespons kebutuhan dan preferensi konsumen secara dinamis. Ini mencakup penggunaan berbagai saluran dan media untuk mencapai target pasar secara efisien, serta adaptasi dengan tren pasar dan teknologi baru untuk mempertahankan relevansi. Analisis tersebut mengungkapkan bahwa perusahaan yang menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang inovatif dan responsif cenderung mengalami peningkatan kinerja ekonomi melalui penjualan yang lebih tinggi dan penguatan posisi kompetitif. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih luas tentang bagaimana praktik terbaik dan tren terkini dalam komunikasi pemasaran dapat digunakan sebagai alat strategis untuk mendukung keberhasilan ekonomi perusahaan.