Jurnal Biogenerasi
Vol. 10 No. 4 (2025): Volume 10 nomor 4 tahun 2025 Terbit Oktober-Desember 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas VII SMP Muhamadiyah Waipare

Novianti, Kristina (Unknown)
Nong Bunga, Yohanes (Unknown)
Hadi Jaya Putra, Sukarman (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2025

Abstract

Kristina Novianti, 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas VII SMP Muhammadiyah Waipare, dibawah bimbingan Yohanes Nong Bunga, S. Si., M. Pd dan Sukarman Hadi Jaya Putra, S. Pd., M. Pd ABSTRAK Pemahaman siswa terhadap materi biologi masih kurang, berdasarkan hasil hasil observasi yang dilakukan di SMP Muhammadiyah Waipare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Waipare. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan populasi semua siswa kelas VII dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunkan berupa kuisioner penggunaan model pembelajaran PBL terhadap keterampilan berpikir kritis dan pretes - posttes belajar siswa. Pengolahan data menggunakan program SPSS 29. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran keanekaragamn hayati kelas VII. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata post-test pada kelas kontrol sebesar 62,75 sedangkan post-test pada kelas eksperimen sebesar 78,5. Adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok, dimana kelas yang menggunakan PBL menunjukan peningkatan yang lebih tinggi dalam keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini memberikan pemahaman lebih dalam tentang peran PBL dalam meningkatkan pembelajaran biologi.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biogenerasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Biogenerasi focuses on the publication of the results of biology education,Biology learning model, Biology learning media, Biology Education Development, The article published on the internal and external academic community Universitas Cokroaminoto Palopo especially in Biology ...