Kristina Novianti, 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas VII SMP Muhammadiyah Waipare, dibawah bimbingan Yohanes Nong Bunga, S. Si., M. Pd dan Sukarman Hadi Jaya Putra, S. Pd., M. Pd ABSTRAK Pemahaman siswa terhadap materi biologi masih kurang, berdasarkan hasil hasil observasi yang dilakukan di SMP Muhammadiyah Waipare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Waipare. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan populasi semua siswa kelas VII dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunkan berupa kuisioner penggunaan model pembelajaran PBL terhadap keterampilan berpikir kritis dan pretes - posttes belajar siswa. Pengolahan data menggunakan program SPSS 29. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran keanekaragamn hayati kelas VII. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata post-test pada kelas kontrol sebesar 62,75 sedangkan post-test pada kelas eksperimen sebesar 78,5. Adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok, dimana kelas yang menggunakan PBL menunjukan peningkatan yang lebih tinggi dalam keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini memberikan pemahaman lebih dalam tentang peran PBL dalam meningkatkan pembelajaran biologi.
Copyrights © 2025