Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media YouTube terhadap etika belajar Bahasa Indonesia pada siswa. YouTube sebagai media pembelajaran digital yang semakin populer memberikan kemudahan akses materi pembelajaran yang menarik dan interaktif, namun juga menimbulkan tantangan terkait penerapan etika belajar, seperti sikap disiplin, kejujuran, dan tanggung jawab siswa selama proses pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji kualitas data dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan di SMK IT Rahmatutthoyibah Al-Iflahah Tangerang kelas XI sebanyak 85 siswa menunjukkan bahwa penggunaan media YouTube memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap etika belajar Bahasa Indonesia siswa dengan peningkatan kesadaran dan penerapan nilai-nilai etika dalam proses pembelajaran. Selain itu, peran guru sangat vital dalam mengintegrasikan media ini secara efektif dan membimbing siswa agar memanfaatkan YouTube secara etis dan bertanggung jawab. Temuan ini sejalan dengan studi sebelumnya yang menegaskan efektivitas YouTube dalam pembelajaran Bahasa Indonesia serta pentingnya pengawasan dalam penggunaan media digital agar dampak negatif dapat diminimalisir. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan strategi pembelajaran yang menggabungkan media YouTube dengan pendekatan etika pendidikan secara seimbang untuk meningkatkan kualitas belajar siswa.
Copyrights © 2025