Jendela Pendidikan
Vol 15 No 2 (2025): Jendela Pendidikan

Dampak Hybrid Learning terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Kreativitas Mahasiswa: Studi Kasus pada Perguruan Tinggi di Indonesia Pasca-Pandemi

kurniawan, Andre Septa (Unknown)
Maulana, Ahmad Syarif (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2025

Abstract

Model hybrid learning sebagai kombinasi pembelajaran daring dan tatap muka menjadi tren utama di perguruan tinggi pasca-pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak hybrid learning terhadap keterampilan kolaborasi dan kreativitas mahasiswa, mengidentifikasi hambatan implementasi, serta merumuskan implikasi strategis bagi pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Penelitian menggunakan pendekatan mixed-method explanatory sequentialdengan melibatkan 350 mahasiswa melalui survei kuantitatif dan 27 partisipan (mahasiswa, dosen, pengelola program studi) pada tahap kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hybrid learning efektif meningkatkan fleksibilitas, kolaborasi, dan kreativitas mahasiswa, meskipun masih menghadapi hambatan berupa keterbatasan infrastruktur, kesenjangan digital, rendahnya partisipasi dalam forum daring, dan tingginya beban kerja akademik. Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa hybrid learning berperan penting dalam mendukung transformasi pendidikan tinggi Indonesia menuju model pembelajaran yang lebih adaptif, inovatif, dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JendelaPendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Naskah berisi bahasan teori ,artikel, atau hasil penelitian yang berhubungan dengan kajian humaniora, sains, dan pengajaran atau ...