Jendela Pendidikan
Vol 15 No 1 (2025): Jendela Pendidikan

Integrasi Kurikulum Merdeka dengan Pendidikan Digital Ethics: Strategi Menjawab Tantangan Era AI di Indonesia

Komarudin, Komarudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2025

Abstract

Perkembangan kecerdasan buatan (AI) telah membawa dampak signifikan terhadap dunia pendidikan, termasuk di Indonesia, sekaligus menghadirkan tantangan etis yang perlu diantisipasi sejak dini. Kurikulum Merdeka yang menekankan fleksibilitas, kebebasan belajar, dan pembentukan karakter memberikan peluang strategis untuk mengintegrasikan pendidikan etika digital dalam membekali siswa menghadapi kompleksitas era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi integrasi Kurikulum Merdeka dengan pendidikan etika digital serta menganalisis relevansinya dengan tantangan dan kebutuhan etis di era AI. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus pada tiga sekolah menengah di Jawa Barat, melibatkan 9 guru, 3 konselor, dan 30 siswa melalui wawancara, observasi, dan kuesioner terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi etika digital berdampak positif terhadap kesadaran siswa, dengan peningkatan rata-rata skor persepsi hingga 3,8, perubahan perilaku digital yang lebih bertanggung jawab, serta kepuasan siswa terhadap iklim sekolah yang lebih etis (4,0). Namun, ditemukan kesenjangan antara sekolah di perkotaan dan pedesaan akibat keterbatasan infrastruktur dan kompetensi guru. Penelitian ini menegaskan bahwa kompetensi guru, ketersediaan modul ajar standar, serta dukungan kebijakan dan infrastruktur merupakan faktor kunci keberhasilan. Temuan ini memberikan kontribusi akademis terhadap literatur integrasi etika digital dalam pendidikan nasional, serta implikasi praktis bagi pemerintah, sekolah, dan masyarakat dalam membangun generasi yang cerdas sekaligus beretika di era AI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JendelaPendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Naskah berisi bahasan teori ,artikel, atau hasil penelitian yang berhubungan dengan kajian humaniora, sains, dan pengajaran atau ...