Proceeding Seminar Nasional IPA
2025

Mengintegrasikan Artificial Intelligent dalam Pendidikan IPA: Tinjauan Systematic Literature Review melalui Perspektif Kerangka Kerja TPACK

Dewi, Novi Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Adopsi Artificial Intelligent (AI) dalam pendidikan semakin meluas, namun masih minim kajian yang memetakan peranannya dalam konteks pedagogi dan konten IPA secara terstruktur. Penelitian ini bertujuan menelaah bagaimana AI diintegrasikan dalam pembelajaran IPA dan dipetakan menggunakan kerangka TPACK. Menggunakan pendekatan Systematic Literature Review, data dikumpulkan dari literatur relevan dengan kriteria inklusi dan eksklusi ketat. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi AI masih bersifat teknosentris dan belum terhubung secara utuh dengan domain TPACK. Temuan ini menegaskan perlunya pendekatan konseptual yang menggabungkan pengetahuan teknologi, pedagogik, dan konten agar AI dapat digunakan secara bermakna dalam pendidikan sains. Penelitian ini memberikan peta konseptual serta arahan praktis untuk integrasi AI yang lebih sistematis dalam pembelajaran IPA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

snipa

Publisher

Subject

Education

Description

Proceeding Seminar Nasional IPA berisi artikel yang bertema inovasi pembelajaran IPA, penelitian dibidang IPA dan ilmu lingkungan yang berasal dari kegiatan Seminar Nasional IPA. Kegiatan Seminar Nasional IPA sendiri merupakan kegiatan yang diselengarakan oleh Jurusan IPA Terpadu UNNES dengan ...