Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 4 (2025): November

Studi Literatur: Pengaruh E-Modul terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Murid SMP/MTS

Sholihah, Nanda Zakiatus (Unknown)
Yusmar, Firdha (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)
Bachtiar, Rayendra Wahyu (Unknown)
Karimah, Aushofil (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2025

Abstract

Kemampuan literasi sains murid Indonesia masih tertinggal jauh di bawah rata-rata global. Salah satu hal yang menyebabkan rendahnya kemampuan literasi sains murid Indonesia adalah minimnya bahan ajar dan aktivitas pembelajaran yang mendorong keterlibatan murid dalam mengasah kemampuan literasi sains secara aktif. Salah satu jenis bahan ajar adalah E-Modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Modul terhadap peningkatan kemampuan literasi sains murid, khususnya jenjang SMP/MTS. Jenis penelitian ini adalah studi literatur dengan menggunakan motode narrative systematic review. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa E-Modul secara signifikan berkontribusi dalam peningkatan kemampuan literasi sains murid SMP/MTS. Efektivitas tersebut semakin optimal ketika E-Modul diintegrasikan dengan media pembelajaran, pendekatan, dan model pembelajaran yang tepat. Selain itu, kualitas desain E-Modul yang mencakup isi, struktur, interaktivitas, serta keterlibatan guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran juga berpengaruh terhadap sejauh mana implementasi E-Modul mendukung peningkatan kemampuan literasi sains murid.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...