Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS, karena, peserta didik yang cenderung pasif dalam menerima dan memahami materi yang disampaikan oleh guru dan kondisi kelas yang tidak kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan metode tanya jawab pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 27 Ampenan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelakasanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 28 peserta didik kelas IV. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menjukkan bahwa pada siklus I rata-rata nilai peserta didik adalah 64.75 dengan jumlah 13 peserta yang tuntas (46.43%), setelah dilakukan perbaikan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 77.25 dengan jumlah 23 peserta didik yang tuntas (82.14%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 27 Ampenan.
Copyrights © 2025