Rendahnya hasil belajar fisika peserta didik di SMAN 1 Gerung disebabkan oleh dominannya penggunaan metode pembelajaran konvensional yang bersifat teacher centered, sehingga peserta didik kurang aktif dan cepat merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PjBL) terhadap hasil belajar fisika peserta didik di SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yang dipilih dengan teknik cluster sampling, yaitu satu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model PjBL dan satu kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sebesar 10,501 lebih besar daripada sebesar 2,001, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar fisika peserta didik. Peserta didik pada kelas eksperimen memperoleh peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, baik pada aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar fisika serta mampu menumbuhkan keaktifan, kreativitas, dan kemampuan kolaboratif peserta didik dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025