Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Eksplorasi Kualitas Menageman Laboratorium IPA dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar IPA

Salmiah, Salmiah (Unknown)
Yunefri, Yogi (Unknown)
Purnama, Indra (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi manajemen laboratorium IPA di sekolah menengah dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif eksploratif, studi ini dilakukan di SMK Negeri 1 Lubuk Dalam. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap guru IPA, laboran, siswa, kepala laboratorium, serta wakil kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas manajemen laboratorium IPA dipengaruhi oleh integrasi perencanaan kebijakan, kesiapan fasilitas, kompetensi tenaga pendukung, serta sistem pelaksanaan praktikum. Manajemen laboratorium yang terstruktur terbukti mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran IPA dan meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa terhadap materi. Meskipun demikian, beberapa hambatan ditemukan, seperti belum optimalnya administrasi laboratorium dan keterbatasan tenaga laboran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penguatan sistem manajemen laboratorium berbasis kebijakan sekolah dan pengembangan profesional tenaga pendukung laboratorium sangat penting untuk mengoptimalkan peran laboratorium sebagai pusat pembelajaran sains.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...