Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas IX di Pondok Pesantren Darunnajah Duri

Yanti, Nova (Unknown)
Bajuri, Azzuhri Al (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2025

Abstract

Tulisan ini dibelakangi karena saat ini pengaruh penggunaan Video pembelajaran pemahan pada mata pelajaran sejarah kelas IX pondok pesantren darunnajah duri. pengaruh penggunaan Video pembelajaran pemahan pada mata pelajaran sejarah kelas IX pondok pesantren darunnajah duri pendidikan dengan adanya penggunaan video pembelajaran ditekankan dengan tujuan agar anak lebih memahami mata pelajaran sejarah. Maka bisa dilihat gambaran belajar siswa, pengaruh penggunaan Video pembelajaran pemahan pada mata pelajaran sejarah kelas IX pondok pesantren darunnajah duri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di pondok pesantren darunnajah Duri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode penelitian observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melakukan pembandungan data dari berbagi sumber dan ditarik kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa pengaruh video pembelajaran dalam mengajarkan anak lebih mudah memahami mata pelajaran sejaran dan dengan menggunakan video pembelajaran ini juga membuat anak didik menjadi semangat dan tidak mengantuk pada pembelajaran sejarah. Faktor pendukung dalam proses pengaruh penggunaan Video pembelajaran pemahan pada mata pelajaran sejarah kelas IX pondok pesantren darunnajah duri baik yaitu adanya pengalaman pra sekolah, adanya motivasi belajar yang baik, adanya sikap dan kebiasaan siswa dalam belajar, Guru memiliki kemampuan dalam menyampaikan materi dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan siswa, Guru memiliki semangat yang tinggi dalam mengajar dengan menggunakan media video pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...