Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Tugas Ninik Mamak dalam Upaya Pencegahan Perceraian pada Keluarga Masyarakat Hukum Adat: Studi Kasus di Desa Kuntu, Kabupaten Kampar Kiri

Irdamisraini , Irdamisraini (Unknown)
Andri, Andri (Unknown)
Fitriani, Hellen Last (Unknown)
Musrifah, Musrifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2025

Abstract

Tidak bisa dipungkiri, Harmonis adalah tujuan dari perkawinan. Tapi tidak sedikit keluarga yang terus diterpa konflik antar pasangan, bahkan mengarah pada perpisahan. Di sinilah peran keluarga, saudara, dan tokoh adat atau ninik mamak untuk membantu penyelesaian konflik dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Melibatkan empat narasumber utama, dan data didapatkan melalui wawancara yang didukung studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran ninik mamak dalam upaya mencegah perceraian di Desa Kuntu dapat disimpulkan bahwa seluruh aspek yang menjadi indikator variabel peran ninik mamak dalam mencegah perceraian dapat dijalankan oleh ninik mamak Desa Kuntu dengan baik. Ninik Mamak menjalankan peranannya dengan baik dalam pertimbangan jodoh, penasehatan perkawinan, pengawasan rumah tangga, dan sebagai mediator apabila ada konflik. Terdapat dua faktor yang menjadi faktor pendukung keberhasilan ninik mamak Desa Kuntu dalam mencegah perceraian di Desa Kuntu yakni  (1)  Faktor kuatnya  Ninik mamak dalam menjaga struktur kekerabatan, dan (2) Faktor keharusan memutuskan perkara konflik keluarga dengan hukum adat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...