Aplikasi Mobile JKN adalah layanan kesehatan digital yang memudahkan peserta mengakses berbagai layanan seperti pendaftaran online, konsultasi dokter, hingga pengecekan status kepesertaan. Aplikasi ini memberikan manfaat berupa penghematan waktu (peserta dapat dilayani kurang dari satu jam), menghilangkan antrian panjang, dan kemudahan akses tanpa harus datang ke fasilitas kesehatan. Kenyataannya, pemanfaatan Mobile JKN di masyarakat khususnya remaja masih rendah karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran remaja tentang aplikasi ini. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan strategi edukasi dan pendampingan kepada 26 remaja kelas XI SMK Negeri 1 Kupang melalui metode pre-test, penyampaian materi, dan post-test. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman penggunaan aplikasi Mobile JKN. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman yang meningkat sebesar 84,6%, dari rata-rata nilai pre-test 7,7% menjadi 92,3% pada post-test. Edukasi yang diberikan mencakup materi registrasi hingga penggunaan seluruh fitur aplikasi Mobile JKN. Strategi ini terbukti efektif meningkatkan pengetahuan remaja dan mengubah sikap remaja yang langsung menginstall aplikasi dan bersemangat mengajak orang tua mereka untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN. Kegiatan pengabdian ini menegaskan pentingnya promosi dan edukasi berkelanjutan untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital dalam layanan kesehatan.
Copyrights © 2025