Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif pengaruh sertifikasi guru terhadap kinerja dan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Sertifikasi guru ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan kompetensi dan kinerja guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan studi literatur menggunakan jurnal dan buku online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi guru meningkatkan efektivitas guru, yang ditunjukkan oleh peningkatan hasil belajar siswa, praktik pengajaran yang kreatif, dan peningkatan kualitas pembelajaran. Selain itu, sertifikasi juga membantu guru menjadi lebih profesional, yang ditunjukkan oleh peningkatan kemahiran mereka disemua bidang yang dinilai. Penelitian ini menunjukkan bahwa sertifikasi guru merupakan faktor penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan MI, dengan implikasi bahwa program sertifikasi perlu terus diperkuat dan dievaluasi untuk memastikan efektivitasnya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya dukungan berkelanjutan bagi guru bersertifikat, seperti pelatihan lanjutan dan pengembangan profesional, untuk mempertahankan dan meningkatkan dampak positif sertifikasi.
Copyrights © 2025