Penelitian ini menganalisis tentang kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPAS menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk pre eksperimental design, dan desain penelitian one-group pretest-posttest design, yang bertujuan untuk mengatahui pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS. Variabel bebas penelitian ini yaitu keterampilan bertanya guru dan variabel terikatnya yaitu kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan sampel kelas V dengan jumlah 26 siswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, tes dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yaitu pretest, pemberian perlakuan, dan posttest, kemudian dianalisis secara statstik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan program IBM SPSS Statistik version 30. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara keterampilan bertanya guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Inpres Parangbanoa Kabupaten Gowa
Copyrights © 2025