Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Vol 10 No 02 (2025): Volume 10 Nomor 2 2025

The Effect of Teachers' Questioning Skills on Students' Critical Thinking Skills in IPAS Subjects Class V SD

Rahman, Hardianto (Unknown)
Amalia, Rina (Unknown)
Ramli, Malik (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPAS menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk pre eksperimental design, dan desain penelitian one-group pretest-posttest design, yang bertujuan untuk mengatahui pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS. Variabel bebas penelitian ini yaitu keterampilan bertanya guru dan variabel terikatnya yaitu kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan sampel kelas V dengan jumlah 26 siswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, tes dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yaitu pretest, pemberian perlakuan, dan posttest, kemudian dianalisis secara statstik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan program IBM SPSS Statistik version 30. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara keterampilan bertanya guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Inpres Parangbanoa Kabupaten Gowa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPDK

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan adalah jurnal peer review yang fokus pada kajian kritis tentang pendidikan dasar, dan dinamika pembelajaran ditingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Selain itu, mengkaji masalah perkembangan pendidikan dasar ...