Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya minat belajar IPAS peserta didik kelas V. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh dari media pembelajaran aplikasi Assemblr Edu terhadap minat belajar IPAS siswa tentang materi organ pernapasan di kelas V UPTD SD Negeri 12 Parepare. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan desain Quasi Eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini melibatkan seluruh siswa SD Negeri 12 Parepare sebanyak 176 siswa, sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas V sebanyak 40 siswa yang terbagi dalam 2 kelompok sampel. 20 peserta didik di kelas eksperimen dan 20 di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa kelas eksperimen mencapai skor rata-rata lebih tinggi senilai 74.95 dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 64.85. Sedangkan hasil analisis inferensial menggunakan Uji Independent Sample T-Test menunjukkan Sig (2 - tailed) = 0.000 < 0.05 dan nilai t-hitung senilai 4,717 > nilai t-tabel senilai 2,024, sehingga ditolak dan diterima. Maka kesimpulannya media pembelajaran aplikasi Assemblr Edu berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar IPAS peserta didik di kelas V SD Negeri 12 Parepare.
Copyrights © 2025