Pendidikan anti korupsi merupakan upaya pemberantasan korupsi, melalui pendidikan dan penyadaran. Sehingga nilai-nilai anti korupsi diintegrasikan pada pembelajaran di Sekolah. Mengingat Indonesia adalah Negara yang kaya akan nilai-nilai budaya luhur, memungkinkan menjadi basis nilai dalam mengintegrasikan pendidikan anti korupsi agar lebih relevan, mudah dihayati dan bermakna bagi siswa. Masyarakat Bima memiliki nilai budaya yang kental dan sudah mendarah daging yaitu maja labo dahu, sebagai semboyan budaya malu dan takut. Tujuan penelitian ini; 1) Mendeskripsikan pengembangkan modul PAK berbasis nilai maja labo dahu pada siswa Sekolah Dasar; 2) Mengkaji dan menganalisi kelayakan dan kepraktisan modul PAK berbasis nilai maja labo dahu pada siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan yaitu R&D menggunakan model 4D, yang dikembangkan melalui 4 tahap yaitu; 1) Pendefinisian; 2) Perancangan; 3) Pengembangan, dan; 4) Penyebaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul PAK berbasis nilai maja labo dahu memperoleh skor rata-rata 85,62% yang termasuk kategori sangat valid. Kemudian uji kepraktisan menunjukkan rata-rata 85,09%, yang berarti modul berada pada kategori sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Modul ini tidak hanya efektif secara pedagogis, tetapi juga kontekstual dengan budaya lokal, sehingga menjadi inovasi yang sesuai dalam membangun kesadaran anti korupsi sejak dini pada siswa Sekolah Dasar.
Copyrights © 2025