Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran answer stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV MIN 2 Melawi. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui instrumen pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji paired sample t-test. Sampel penelitian ini terdiri dari 24 siswa kelas IV MIN 2 Melawi yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah 15 soal pretest dan 15 soal posttest. Uji normalitas pretest dan posttest dinyatakan valid dengan nilai 0,271 (>0,05) dan 0,747 (>0,05). Hasil analisis pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata peserta mengalami peningkatan dari 32,38 pada pretest menjadi 38,57 pada posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan hasil belajar matematika siswa setelah penerapan model answer stick, dengan nilai signifikansi 0,038 (<0,05). Temuan penelitian ini adalah model pembelajaran answer stick dapat memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa jika dilakukan dengan baik. Kata Kunci: Answer Stick, Hasil Belajar, Matematika, Sekolah Dasar
Copyrights © 2025