Jurnal DIDASKO
Vol 5, No 2 (2025): Didasko: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen - Oktober 2025 (Still in Progress

Didaskalia: Pendidikan Kristen Di Dalam Keluarga Bagi Anak Berakar, Bertumbuh Dan Berbuah Di Era Digital

Amanit, Jeki Sepriandi (Unknown)
Willyam, Verry (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

This article discusses the development of the digital age through Christian education in the family, which plays a crucial role in shaping children's character and spirituality. The concept of Didaskalia, which emphasizes spiritual teaching and guidance, is the main foundation in guiding children to take root, grow, and bear fruit in faith. Digital technology provides both opportunities and challenges in children's faith education, as it can distract them from spiritual aspects. Therefore, an appropriate strategy is needed to integrate technologywith Christian education, such as the use of interactive Bible applications, educational content based on faith values, and character building through family discussions. This study uses an analytical approach with a literature review method to explore the role of the family in instilling faith values in the digital age. The findings of the study state that Christian education in the family has a major influence where it must be carried out holistically, covering intellectual, moral, emotional, and spiritual aspects, with parents as the main role models. When the principle of Didaskalia is applied in family life, children can grow with a strong personality and firm faith amidst changing times and facing the increasingly rapid pace of digitalization.AbstrakArtikel ini membahas mengenai perkembangan era digital melalui pendidikan Kristen dalam keluarga yang berperan krusial dalam membentuk karakter serta spiritualitas anak. Konsep Didaskalia, yang menekankan pengajaran dan pembinaan rohani, menjadi fondasi utama dalam membimbing anak agar berakar, bertumbuh, dan berbuah dalam iman. Teknologi digital memberikan peluang sekaligus tantangan dalam pendidikan iman anak, karena dapat mengalihkan perhatian mereka dari aspek spiritual. Oleh sebab itu, dibutuhkan strategi yang tepat dalam mengintegrasikan teknologi dengan pendidikan Kristen, seperti pemanfaatan aplikasi Alkitab interaktif, konten edukatif berbasis nilai-nilai iman, serta penguatan karakter melalui diskusi keluarga. Studi ini menggunakan pendekatan analitis dengan metode studi pustaka untuk mengeksplorasi peran keluarga dalam menanamkan nilai-nilai iman di era digital. Temuan penelitian menyatakan bahwa pendidikan Kristen dalam keluarga mempunyai pengaruh besar dimana harus dilakukan secara holistik, mencakup aspek intelektual, moral, emosional, dan spiritual, dengan orang tua sebagai teladan utama. disaat prinsip Didaskalia diterapkan dalam kehidupan keluarga, maka anak-anak dapat bertumbuh dengan kepribadian yang kuat dan keyakinan yang kokoh di tengah perubahan zaman dan menghadapi arus digitalisasi yang semakin cepat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

didasko

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

DIDASKO merupakan wadah untuk memublikasi hasil penelitian ilmiah para dosen di lingkungan Sekolah Tinggi Agama Kristen Diaspora, Wamena - Papua dan institusi lain yang memiliki kajian ilmiah sebidang. Fokus dan Scope pada jurnal Didasko adalah: Pendidikan Agama Kristen Teologi Biblika Teologi ...