Journal Of Education Research and Inovative (JERI)
Vol. 1 No. 3 (2025): JERI Desember (on process)

Diagnostik Kesulitan Belajar Siswa Kelas 10 Jurusan Teknik Kimia Industri Di SMKN 1 Gunung Putri: Diagnostik Kesulitan Belajar Siswa Kelas 10 Jurusan Teknik Kimia Industri Di SMKN 1 Gunung Putri

Nazella Jenita (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosis kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas 10 jurusan Teknik Kimia Industri di SMKN 1 Gunung Putri. Kesulitan belajar dipahami sebagai hambatan yang menyebabkan ketimpangan antara hasil belajar dengan potensi siswa. Metode yang digunakan meliputi studi pustaka, observasi, dan wawancara terhadap salah satu siswa yang mengalami hambatan signifikan dalam pembelajaran Kimia. Hasil menunjukkan bahwa faktor penyebab utama berasal dari rendahnya kemampuan berhitung, kurangnya pemahaman terhadap materi, gaya mengajar guru yang tidak sesuai, serta kurangnya manajemen waktu akibat aktivitas ekstrakurikuler. Intervensi yang diberikan mencakup konseling individual, bimbingan belajar, pembelajaran remedial berbasis gaya belajar siswa, serta penguatan kepercayaan diri dan keterampilan komunikasi. Diagnostik ini menunjukkan bahwa pendekatan yang personal, kolaboratif, dan berpusat pada kebutuhan siswa sangat penting dalam menangani kesulitan belajar secara efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jeri

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Neuroscience Social Sciences Other

Description

Journal of Educational Research and Innovation (JERI) adalah jurnal yang berfokus pada penelitian, pengembangan, dan inovasi terbaru di bidang pendidikan. Jurnal ini dapat mempublikasikan artikel dengan berbagai topik yang berkaitan dengan pendidikan, termasuk metodologi pembelajaran, teknologi ...