Kilmatuna: Journal Of Arabic Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Oktober : KILMATUNA: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

تعليم المفردات العربية بوسيلة تيك توك

Yanaditira, Rahmastuty Cahyaning (Unknown)
Soraiya, Soraiya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan TikTok sebagai sarana untuk mengajarkan kosakata bahasa Arab. Di era digital ini, metode pendidikan yang inovatif dan interaktif menjadi penting untuk diterapkan untuk menarik minat generasi baru. TikTok, sebagai platform untuk video pendek, merupakan media yang efektif dan cocok untuk digunakan dalam proses pendidikan, termasuk dalam pengajaran kosakata bahasa Arab. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif-analitis dengan menganalisis konten dari dua akun TikTok edukasi, yaitu: @aliflamim dan @marhaban.academy. Peneliti menganalisis konten video edukasi yang dipublikasikan, gaya presentasi, interaksi penonton, dan umpan balik yang mereka terima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan visual yang menarik, musik, dan penyajian kosakata yang disederhanakan sangat membantu menarik perhatian pelajar dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap kosakata, terutama untuk anak-anak pemula dan dewasa muda. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa TikTok adalah media pendidikan alternatif yang efektif untuk mengajarkan kosakata bahasa Arab dengan cara yang menyenangkan dan mudah diakses. Namun, ada kebutuhan untuk mengembangkan konten lebih lanjut untuk memasukkan tingkat pembelajaran yang lebih tinggi dan lebih khusus.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pba

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan dan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Jurnal ini berisikan artikel ilmiah baik penelitian ...