Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menerapkan pendekatan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) Mengukur kemampuan awal Matematika siswa di SDN 12 Singkawang; 2) Mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa di SDN 12 Singkawang; 3) Menganalisis hubungan antara kemampuan awal Matematika dengan kemampuan pemecahan masalah siswa di SDN 12 Singkawang. Lingkup penelitian meliputi populasi siswa kelas IV dengan pengambilan sampel sebanyak 23 responden dari kelas IV B menggunakan teknik pengambilan sampel acak sederhana. Data didapat melalui tes. Instrumen yang digunakan meliputi soal kemampuan awal Matematika dan kemampuan pemecahan masalah, dengan analisis data menggunakan uji korelasi PPM. Hasil analisis menandakan nilai koefisien korelasi positif sebesar 0,5520 dengan thitung = 3,0337 dan ttabel = 1,721. Ini mengindikasikan adanya hubungan positif dan signifikan antara kemampuan awal Matematika dengan kemampuan pemecahan masalah di SDN 12 Singkawang.
Copyrights © 2025