Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran Educandy terhadap minat belajar sejarah peserta didik kelas X E 4 SMAN 1 Ciamis. Latar belakang penelitian menunjukkan rendahnya minat belajar sejarah peserta didik yang disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran berbasis teknologi yang menarik. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Variabel independent adalah penggunaan media Educandy (X) dan variabel dependen adalah minat belajar sejarah (Y). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Ciamis berjumlah 432 siswa, dengan sampel 72 siswa yang terdiri dari kelas X E 4 (kelas eksperimen) dan X E 2 (kelas kontrol), masing-masing 36 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner (angket) untuk mengukur minat belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan aplikasi IBM SPSS Statistics 29 for Windows, menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas Levene’s Test, dan uji hipotesis Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Educandy dalam pembelajaran sejarah mempengaruhi dan mampu meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini terbukti dari rata-rata N-Gain score sebesar 0,7298 (72,98%), termasuk dalam kategori tinggi. Uji hipotesis Independent Sample T-Test menghasilkan nilai Sig. sebesar 0,002 (0,002 0,05), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan Educandy terhadap minat belajar sejarah siswa kelas X E 4 SMAN 1 Ciamis. Educandy berhasil menarik perhatian siswa dan menciptakan suasana belajar yang kondusif, efektif, dan efisien. Implikasi penelitian ini sejalan dengan teori behavioristik yang menekankan perubahan sikap dan perilaku siswa melalui stimulus yang diberikan.
Copyrights © 2025