Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 13 No. 2 (2025): Oktober 2025

Kajian Literatur Tentang Peran Media Pembelajaran Animasi Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar

adawiyah, auliyatul (Unknown)
bahtiar, reza syehma (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2025

Abstract

Pendidikan merupakan usaha secara sadar untuk mewujudkan sesuatu pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi yang lain. Belajar adalah untuk mengetahui suatu ilmu pengetahuan, aktivitas belajar dikelas melibatkan dua pihak utama yaitu guru dan siswa. Penggunaan media pada proses pembelajaran bertujuan untuk membangkitkan minat belajar, memberikan motivasi, menumbuhkan rasa ingin tahu melalui apa yang dilihatnya, dan memberikan rangsangan kepada siswa untuk ikut dalam aktivitas proses belajar dikelas. Adapun Tujuannya yaitu untuk mengetahui peran media pembelajaran animasi dalam peningkatan minat belajar siswa. Penggunaan media berbasis komputer dengan menggunakan animasi pada pembelajaran menjadikan siswa dapat termotivasi untuk lebih aktif dengan cara membaca, melihat, dan mengoperasikan komputer. Media pembelajaran merupakan sebuah sarana perantara yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar sebagai alat bantu guru dalam mengajar dan pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan belajar (siswa). minat belajar adalah ketertarikan siswa untuk belajar, ketertarikan untuk mengetahui sesuatu dan dengan adanya ketertarikan dalam belajar dapat membuat siswa menjadi mudah mengerti materi pembelajaran yang dipelajari sehingga akan berdampak pada suasana kelas yang menjadi lebih menyenangkan dan hasil yang diperoleh pun akan maksimal. Penggunaan media animasi dalam pembelajaran memiliki kemampuan untuk menyampaikan sesuatu yang lebih sulit dengan penjelasan hanya menggunakan gambar atau kata-kata.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar is an academic journal that published all the studies in the areas of education, learning, teaching, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments from various types of research such as surveys, ...